Trump Langsung Kerja, Obamacare Diutak-atik

Presiden baru AS, Donald Trump, bersiap tanda tangan sejumlah dokumen resmi tak lama setelah dilantik, 20 Januari 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA.co.id – Presiden baru Amerika Serikat, Donald Trump, langsung bekerja. Beberapa jam setelah dilantik pada Jumat siang waktu Washington DC, dia menandatangani sejumlah dokumen resmi.

Paras Cantik Keponakan Osama bin Laden yang Beri Dukungan Donald Trump

Menurut kantor berita Reuters, salah satu dokumen yang dia tandatangani adalah instruksi pertama Trump sebagai presiden – atau executive order. Dia menginstruksikan lembaga-lembaga pemerintah yang berwenang untuk “mengurangi beban” yang terkait dengan Obamacare.

Itu adalah program kontroversial yang dikeluarkan presiden sebelumnya, Barack Obama, terkait jaminan kesehatan rakyat AS. Kongres AS – yang kini didominasi Partai Republik – juga tengah berupaya mengganti program Obamacare itu sehingga tidak lagi membebani anggaran negara.

Pacar Anak Sulung Donald Trump Positif Covid-19

Trump pun menandatangani dokumen penugasan resmi atas James Mattis sebagai Menteri Pertahanan dan John Kelly sebagai Menteri Keamanan Dalam Negeri. Penunjukan mereka sebelumnya sudah disetujui Senat AS.

Juru bicara baru Gedung Putih, Sean Spicer, juga mengungkapkan kepada para wartawan bahwa Kepala Staf Gedung Putih Reince Preibus telah mengirim memo kepada lembaga-lembaga terkait untuk langsung menghentikan sejumlah aturan yang diterapkan pemerintahan sebelumnya.

Donald Trump Junior Habiskan Duit Rakyat Rp1 Miliar Saat Berburu Domba
Presiden AS Donald Trump

Hakim Tolak Gugatan Trump di Georgia dan Michigan

Tim kampanye Donald Trump soal menggugat surat suara dan kecurangan penghitungan suara di Georgia dan Michigan.

img_title
VIVA.co.id
6 November 2020