Kapal Kecil Pengangkut Puluhan WNI Tenggelam di Malaysia

Ilustrasi speedboat tenggelam.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Sembilan orang dilaporkan meninggal dunia dan beberapa lainnya dinyatakan hilang setelah sebuah kapal terbalik di Perairan Timur Malaysia. Kapal tersebut diduga mengangkut imigran ilegal.

Kapolri Beber Upaya Polisi Tangani Tenggelamnya Kapal TKI di Malaysia

Badan Kemaritiman Malaysia – seperti yang dikabarkan stasiun Channel News Asia, Senin 23 Januari 2017 – mengungkapkan enam jenazah perempuan dan tiga jenazah laki-laki ditemukan terdampar di sebuah pantai dekat kota Mersing, Johor, Senin pagi. Kapal kecil sepanjang lima meter ini memiliki kapasitas penumpang maksimal 20 orang.

Namun, jumlah penumpang diperkirakan mencapai dua kali lipat. "Kami yakin ada sekitar 40 warga Indonesia di antara mereka. Semuanya adalah imigran gelap," kata juru bicara Badan Kemaritiman Malaysia.

Polda Sumut Tetapkan 9 Tersangka Kasus Kapal TKI Ilegal Tenggelam

Kapal kecil ini berlayar dari Indonesia menuju Malaysia saat terbalik di perairan yang memiliki ombak besar. Hingga kini, pencarian masih dilanjutkan untuk menemukan korban yang hilang.

Belum ada keterangan lebih lanjut soal kasus ini, namum otoritas setempat menyebut kejadian seperti ini sudah kerap terjadi. Lebih dari 70 personel gabungan Malaysia dilibatkan dalam operasi pencarian dan penyelamatan setelah kecelakaan ini.

Bongkar Kasus TKI Ilegal, Polisi Tangkap Suami Istri di Tangerang

Pencarian akan berlanjut sampai pukul 19.00 waktu setempat, sebelum dilanjutkan pada keesokan harinya (Selasa pagi, 24 Januari 2017) pukul 07.00.

Sebelumnya, pada November 2016, sebuah kapal cepat (speedboat) yang dipercaya mengangkut tenaga kerja ilegal asal Indonesia tenggelam di Perairan Batam, sebelah selatan Singapura. Sebanyak 20 orang dinyatakan tewas. (ren)

Polisi merilis kasus kapal pengangkut TKI Ilegal tenggelam.

Kasus Kapal Pengangkut TKI Ilegal Tenggelam, 8 Tersangka Ditangkap

4 tersangka lainnya masih buron dan dalam pengejaran polisi. Setiap tersangka memiliki peran masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2022