AS Janji Tak Mau Biarkan Tiongkok Kuasai Laut China Selatan

Kapal induk Liaoning, gelar latihan militer di Laut China Selatan.
Sumber :
  • REUTERS / Stringer

VIVA.co.id – Pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Donald John Trump berjanji akan mencegah upaya China atau Tiongkok dalam mengambilalih 'sendirian' perairan Laut China Selatan.

Patroli Laut China Selatan, Australia Bangun Armada Drone

"Kami memastikan akan melindungi kepentingan Amerika di sana (Laut China Selatan)," kata Juru Bicara Gedung Putih, Sean Spicer, seperti dikutip Reuters, Selasa, 24 Januari 2017.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, media pemerintah China telah memperingatkan bahwa setiap tindakan yang mencegah pergerakan China, akan memicu pecahnya perang terbuka.

Siasati Perang Dagang AS-China, Mendag Gencarkan Bilateral

Namun, sejumlah analisis mengatakan, keputusan untuk memungkinkan blokade laut maupun aksi militer AS, akan berisiko menimbulkan konfrontasi bersenjata dengan China yang saat ini semakin terus meningkatkan kekuatan militer dan senjata nuklirnya.

Fakta bahwa China adalah negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia juga akan berpengaruh besar. Kendati demikian, Spicer enggan menjelaskan ketika ditanya cara ditempuh AS untuk menghalau China.

Dengar Suara Aneh di China, Para Diplomat AS Dipulangkan

Akan tetapi, nenurutnya, pengembangan dan pembahasan masih terus dibicarakan dengan pihak-pihak terkait. Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, mengungkapkan China seharusnya tidak diperbolehkan mengakses ke pulau-pulau yang disengketakan di wilayah Laut China Selatan.

"Apabila pulau-pulau itu berada di perairan internasional dan bukan bagian dari China, maka, kita akan memastikan bahwa kami akan mempertahankan wilayah internasional agar tidak diambilalih oleh satu negara," ujar Tillerson menegaskan. (ren)

Pemerhati politik Rocky Gerung dalam forum diskusi bertajuk Gerakan Rasional Indonesia di kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin, 9 Juli 2018.

Rocky Gerung: Konflik Laut China Selatan, RI Hanya Tahan 14 Jam

Dalam hitungan jam NKRI akan lumpuh, apa analisisnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Juli 2018