TUTUP
TUTUP
DUNIA

27-01-1943: Kali Pertama, AS Bombardir Jerman

AS menargetkan Pelabuhan Wilhelmshaven dan berhasil.
27-01-1943: Kali Pertama, AS Bombardir Jerman
Ilustrasi Perang Dunia II. (www.bookmice.net)

VIVA.co.id – Hari ini 74 tahun silam. Pesawat tempur Amerika Serikat dari Skuadron 8 berhasil mengebom Jerman untuk kali pertama. Pesawat tersebut diberangkatkan dari Pangkalan Angkatan Udara di Inggris, dan menargetkan Pelabuhan Wilhelmshaven.

Mengutip situs History, dari 64 pesawat tempur yang berpartisipasi dalam serangan tersebut, 53 di antaranya mencapai target dan berhasil menembak jatuh 22 pesawat tempur Nazi Jerman. AS hanya kehilangan tiga pesawat tempur.

Skuadron 8 AU AS diaktifkan pada Februari 1942 sebagai kekuatan pengebom berat yang berbasis di Inggris. Skuadron ini terdiri atas B-17 Flying Fortresses, yang mampu terbang meski mengalami kerusakan berat, dan B-24 Liberator, pengebom jarak jauh.

Kedua pesawat pengebom ini namanya menjadi terkenal karena serangan bom presisi di Wilhelmshaven. Skuadron 8 di bawah kepemimpinan Brigadir Jenderal Newton Longfellow ini sangat efektif dan akurat dalam melakukan serangan dengan target gudang serta pabrik.

Skuadron ini pula menjadi yang pertama menantang kekuatan Axis (Nazi Jerman, Italia, dan Jepang). Nazi Jerman terungkap pernah menggunakan senjata biologis berupa nyamuk pada Perang Dunia II.

Saat itu, tentara Nazi menyebar serangan wabah malaria ke wilayah musuh. Jutaan nyamuk pembawa malaria itu disebarkan tentara Nazi di sepanjang jalan menuju Roma, Italia.

Jenis nyamuknya juga tak sembarangan, yakni jenis nyamuk anopheles, gen nyamuk yang kemampuannya dalam menularkan malaria ke manusia sangat ditakuti. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP