Kesaksian Warga Jepang soal Hidup Berumur Panjang

Foto salah satu wanita lansia di Hakuba
Sumber :
  • Zaky Al-Yamani/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Berdasarkan penelitian dari organisasi kesehatan dunia WHO pada tahun 2016, Jepang menempati peringkat pertama sebagai negara yang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia yaitu dengan rata- rata usia 83,7 tahun.

Bunuh 19 Penyandang Cacat, Pria Jepang Dihukum Gantung

Masyarakat prefektur (provinsi) Nagano, baik pria maupun wanita, menempati ranking pertama di Jepang dalam hal harapan hidup panjang tersebut. Lantas apa rahasia hidup panjang masyarakat di Nagano?

Secara geografis, Prefektur Nagano dikelilingi oleh pegunungan setinggi 3.000 meter yang dikenal sebagai “tulang punggung Jepang”. Sebagai wilayah yang terletak di dataran tinggi, Nagano dianugerahi udara bersih, air segar dan keindahan alam.

Muda-mudi Jepang Rayakan Hari Kedewasaan, Heboh Gila-gilaan

Tak hanya itu, pola makan warga Nagano juga menjadi salah satu penyebab mereka tetap hidup sehat hingga lanjut usia. Ini diungkapkan Wakil Kepala Desa Hakuba, Prefektur Nagano, Humitoshi Oota.

"Salah satu kiatnya adalah warga banyak yang menanam sayuran sendiri di belakang rumahnya (organik) untuk dikonsumsi bersama keluarga," kata Humitoshi Oota.

Telepon Operator Perusahaan Sampai 24.000 Kali, Lansia Ini Ditangkap

Dia lalu melanjutkan pengalamannya. "Tapi yang tidak kalah penting, dengan kebiasaan ini (menanam sayuran sendiri) masyarakat Prefektur Nagano bisa hidup mandiri," kata Oota.

Ada banyak hasil panen jenis produk agrikultur di Prefektur Nagano. Di antaranya tanaman khas di dataran tinggi seperti selada dan asparagus. Sementara buah-buahan seperti apel dan anggur juga menjadi produk yang cukup umum.

Wartawan VIVA.co.id menjadi satu dari 16 media yang mengikuti program Jenesys ke Jepang yang berlangsung mulai tanggal  23-31 Januari 2017. Prefektur Nagano menjadi salah satu lokasi program ini selain Tokyo. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya