Kenakan Jilbab, Polwan di AS Ini Diperlakukan Diskriminatif

Ilustrasi Jilbab
Sumber :
  • Jilbab

VIVA.co.id – Seorang polisi wanita di New York, Amerika Serikat, mengalami peristiwa yang tak mengenakkan oleh sesama rekan kerjanya. Dia diserang secara fisik, serta dilecehkan oleh teman-temannya hanya karena menggunakan jilbab alias hijab.

Sosok Brigjen Nurul, Polwan Cantik Jadi Komandan Upacara Kenaikan Pangkat 4 Jenderal

Rekan-rekannya di Kepolisian bahkan mencoba merobek jilbab yang dikenakan perempuan bernama Danielle Alamrani tersebut. Tak cuma itu saja, Alamrani juga disebut sebagai 'muslim jalang' oleh teman-temannya yang tak suka melihatnya menggunakan hijab.

Alamrani tercatat bergabung dengan NYPD pada 2006, dan memeluk agama Islam setahun kemudian. Setelah kasus itu terjadi, ia kemudian menggugat rekan-rekannya yang menolak untuk kerja dengannya setelah dia mulai menggunakan jilbab saat bertugas. Demikian dilansir Metro.co.uk, Minggu, 5 Februari 2017.

Aksi Polwan Ditlantas Polda Riau Sampaikan Pesan Menyejukan soal Pemilu di CFD

Pada tahun 2010, Alamrani menyatakan pernah ada seorang sersan yang bercanda dan meledeknya. Sersan itu mengejek bila Alamrani tak harus melakukan patroli karena ditakutkan adanya insiden ledakan teror. Saat itu, banyak rekan-rekannya yang tertawa. Pada Natal 2012, dua petugas Kepolisian dilaporkan menyerang Alamrani dan mencoba untuk menarik hijab dari kepalanya.

"Mereka berteriak bahwa tak seorang pun menyukai Alamrani (penggugat). Dia juga disebut sebagai muslim jalang dan diancam akan terus dipukul di bagian wajah," tulis dokumen pengadilan Alamrani.

Polwan Ditlantas Polda Riau Berjejer di Jalan, Kasih Pesan Sukseskan Pemilu ke Pengendara

Atas hijab itu pula, Alamrani yang berusia 38 tahun belakangan tak lagi diperbolehkan patroli karena dianggap akan menimbulkan bahaya keamanan. Alamrani lalu ditempatkan di pos keamanan dan hanya bertugas di balik meja. Dalam dokumen pengadilan, Alamrani juga disebut sebagai teroris dan Taliban. Satu julukan lainnya, ia dianggap sebagai aib di NYPD.

Alamrani kemudian pensiun dini pada 2015, sebelum sempat pindah ke kantor polisi yang berbeda. "Saya pikir kami butuh keadilan, jika ada hal seperti itu dalam sistem hukum kita, akan terus ada sikap-sikap tak bertanggung jawab di dalam NYPD," kata Jesse Rose, pengacara Alamrani kepada NBC News. "Negara ini tak bisa membiarkan memperlakukan rekan kerja dengan cara ini." (mus)

Gunung Marapi, Sumatra Barat erupsi lagi.

Terpopuler: Video Dugaan Aliran Sesat, Erupsi Marapi hingga Pembunuh Emak-emak Ditangkap

Berita tentang polwan menjadi komandan upacara juga menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024