RI Perluas Kerjasama Ekonomi dengan Afsel

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, di Cape Town, beberapa waktu lalu. Kunjungan Retno sebagai bagian dari diplomasi ekonomi RI di Benua Afrika.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Kemlu RI

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan kunjungan kehormatan ke kediaman resmi Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, di ibu kota Cape Town, Senin malam, 6 Februari, waktu setempat.

Industri Makanan dan Minuman Berpeluang Rebut Pasar IORA

Dalam pertemuan hangat itu, Retno menyampaikan salah satu prioritas diplomasi Indonesia tahun ini adalah meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika.

"Afrika merupakan kawasan yang memiliki potensi besar, sehingga penting bagi Indonesia untuk terus meningkatkan dan memperluas kerja sama di kawasan ini, khususnya dengan Afrika Selatan," kata Retno, melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 8 Februari 2017.

KTT IORA Momentum Dongkrak Ekspor RI

Selain itu, lanjut Retno, sebagai utusan Presiden Joko Widodo untuk IORA, dirinya juga menyampaikan undangan khusus kepada Presiden Zuma untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi IORA yang digelar pada 7 Maret mendatang di Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Zuma menyambut baik prioritas Indonesia terhadap kawasan Afrika. Ditekankan lambannya perekonomian dunia mengharuskan Indonesia dan Afrika Selatan mengetahui secara pasti area kerja sama yang dapat dilakukan.

Indonesia Siap Bantu Rekonstruksi Yaman

"Pemerintah di kedua negara perlu bekerja lebih keras mendorong para pengusaha untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ada," ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga senang mendengar kabar bahwa menteri luar negeri kedua negara akan menyelesaikan rencana aksi 2017-2021, sebagai acuan kerja sama bidang ekonomi Indonesia-Afrika Selatan akan diintensifkan.

Kapal Perang SSV1 Buatan PT PAL (Persero) yang dibeli Angkatan Laut Filipina.

Beberapa Negara Tertarik Pesan Kapal Buatan PT PAL

Rata-rata dari negara Afrika.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2017