Petinggi Militer Australia Sambangi RI Tunjukkan Itikad Baik

Indonesia Hentikan Kerja Sama Militer dengan Australia.
Sumber :
  • Australian Defence Force/Handout via REUTERS

VIVA.co.id – Kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat Australia, Letnan Jenderal Angus Campbell, ke Jakarta, pada Rabu, 8 Februari kemarin, patut diapresiasi dan sudah menunjukkan itikad baik untuk mencairkan kembali hubungan militer kedua negara.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Campbell datang untuk meminta maaf sekaligus menyerahkan hasil investigasi Australia atas insiden pelecehan terhadap lambang negara Garuda Pancasila di Pangkalan Militer Perth, akhir Desember tahun lalu, kepada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Itu artinya sudah ada itikad baik dari pemerintah Australia untuk meminta maaf. Setelah semua ini dilakukan, saya yakin akan kembali normal (kerja sama pertahanan)," kata Guru Besar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana kepada VIVA.co.id, Kamis, 9 Februari 2017.

Pentingnya Ideologi Pancasila dalam Kehidupan Santri

Menurutnya, kehadiran Campbell ini merupakan langkah cepat dan sigap pemerintah Australia yang tidak ingin masalah tersebut berkepanjangan.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayor Jenderal Wuryanto mengatakan, Australia akan menangguhkan program pendidikan Bahasa Indonesia untuk seluruh personel militernya dan membuat perbaikan bagi para staf dan materi pengajaran.

Rektor Universitas Pancasila Dinonaktifkan Buntut Dugaan Kasus Pelecehan Seksual

"Penangguhan ini sifatnya sementara. Mereka (militer Australia) juga bilang akan menerapkan sanksi tegas pada semua personil (yang) terlibat dan bertanggung jawab atas insiden memalukan itu," kata Wuryanto.

Kendati demikian, pencairan penangguhan sementara kerja sama militer ini akan dibahas lebih lanjut dalam rapat dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi bersama Presiden Joko Widodo.

Kiper Dallas FC (klub Amerika Serikat MLS) Maarten Paes

Sah Jadi WNI, Maarten Paes Ngaku Sudah Bisa Bahasa Indonesia dan Hafal Pancasila

Kabar terbaru kiper FC Dallas, Maarten Paes yang kini menjadi warga Indonesia ini pun lantas membuat para pecinta bola maupun warganet di dunia jagat maya merasa bahagia.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024