Mau Ketemu Trump, Trudeau Tanya-tanya ke PM Inggris

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
Sumber :
  • Reuters/Chriss Wattie

VIVA.co.id – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mencoba mengulik informasi kepada Perdana Menteri Inggris Theresa May sebelum melakukan kunjungan resmi ke Washington, Amerika Serikat.

Donald Trump Junior Habiskan Duit Rakyat Rp1 Miliar Saat Berburu Domba

Ia meminta saran bagaimana 'berdiskusi dengan cara yang baik' saat bertemu Presiden Donald John Trump. Rencananya, Trudeau akan menyambangi negeri Paman Sam minggu depan.

Dilansir situs Theguardian, Kamis, 9 Februari 2017, selain itu, May juga menyampaikan belasungkawanya atas insiden penembakan di sebuah masjid di Quebec.

Presiden Palestina Tolak Proposal Perdamaian Versi Trump

Trump dikabarkan telah melakukan kontak melalui sambungan telepon dengan Trudeau dan Presiden Perancis François Hollande, pada Senin, 6 Februari lalu. Penasihat Senior Trump, Kellyanne Conway, mengatakan Trudeau akan bertemu Trump di Gedung Putih pada minggu depan.

"Saya senang mengetahui Trudeau akan datang ke sini (AS) minggu depan. Saya yakin mereka (Trump dan Trudeau) membicarakan 'banyak hal'," kata Conway.

Benarkah Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Tewas di Tangan AS?

Sementara Juru Bicara Trudeau, Cameron Ahmad mengatakan, tanggal kunjungan belum dikonfirmasi karena Trudeau akan melakukan kunjungan terlebih dahulu ke Prancis dan Jerman.

Setelah Trump menandatangani perintah eksekutif (executive order) dan mulai memperkenalkan apa yang ia juluki sebagai 'pemeriksaan ekstrim', Trudeau langsung berkicau melalui akun Twitter-nya dengan menawarkan pesan yang sangat berbeda.

"Untuk orang-orang yang melarikan diri dari penganiayaan, teror dan perang, Kanada akan menyambut Anda, terlepas dari apa pun keyakinan Anda. Keberagaman adalah kekuatan kita. #WelcomeToCanada," demikian cuitannya dalam @JustinTrudeau, akhir Januari lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya