10-02-1971: Empat Wartawan Tewas Ketika Meliput Perang

Ilustrasi perang Vietnam
Sumber :

VIVA.co.id – Hari ini 46 tahun silam. Empat wartawan, termasuk fotografer dari Majalah Life Larry Burrows, Kent Potter dari United Press International, Nenri Huett dari Associated Press, dan Keisaburo Shimamoto dari Newsweek, tewas dalam helikopter milik militer Vietnam Selatan yang beroperasi di Laos.

Jenderal Tommy Franks: TNI Gurunya Tentara Vietnam dan Korea Utara

Mengutip situs History, sebelum kejadian nahas itu para wartawan ini dikabarkan tengah melakukan peliputan Operasi Lam Son 719, sebuah serangan terbatas ke Laos yang dilancarkan oleh pasukan Vietnam Selatan.

Kala itu, Vietnam menjadi salah satu negara konflik yang kerap mendapat sorotan dunia dalam sejarah peperangan. Pada 1964, ketika pembangunan besar-besaran Amerika Serikat dimulai, ada sekitar 40 wartawan AS dan asing di Saigon, ibu kota Vietnam Selatan.

Demi Lolos Tes Narkoba, Wanita di AS Kirim Urine Anjing Peliharaan

Pada Agustus 1966, ada lebih dari 400 perwakilan media dari 22 negara berada di Vietnam Selatan. Para koresponden Perang Vietnam menghadapi bahaya yang sama dengan apa yang dihadapi oleh bala tentara di lapangan.

Mereka rela mempertaruhkan nyawa untuk menyaksikan perang dengan mata kepalanya sendiri dan melaporkan realitas di medan perang. Sementara itu, 14 wartawan AS harus kehilangan nyawa ketika meliput perang.

Gara-gara Foto Pangkalan Angkatan Laut AS, Pria Tiongkok Ditahan

Koresponden NBC Welles Hangen dan fotografer TIME Sean Flynn adalah dua dari 42 warga sipil AS yang masih dinyatakan hilang dalam pertempuran tersebut dan belum ditemukan keberadaannya hingga kini di Asia Tenggara. Keduanya menghilang ketika meliput perang di Kamboja.

Ilustrasi sejarah.

5 Bencana yang Mengubah Alur Sejarah Dunia, Apa Saja?

Sepanjang sejarah, ada banyak bencana besar yang mengubah kebiasaan sejarah manusia. Disebut bencana juta besar karena menelan korban puluhan hingga jutaan nyawa.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2023