3 Lukisan Hitler Laku Rp 600 Juta

VIVAnews - Tiga lukisan cat air yang diyakini dilukis Adolf Hitler, berhasil terjual dengan harga 42.000 euro (sekitar 600 juta rupiah, dengan kurs Rp 14.500 per euro) di Jerman. Lelang dilakukan di kota Nuremberg, di mana pengadilan kejahatan perang Nazi berlangsung.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, juru lelang Herbert Weidler mengatakan, ketiga lukisan tersebut dijual kepada tiga penawar melalui telepon. Salah satu dari mereka adalah seorang warga Austria di Weissenkirchen yang membayar 24.000 euro.

Lukisan yang dengan tanda tangan Hitler itu dibuat pada 1910 hingga 1911 saat pemimpin Jerman dalam Perang Dunia II itu tinggal di Wina, ketika sedang berjuang menjadi seniman.

Weidler merasa kualitas lukisan cat air itu seperti "lukisan guru seni di sekolah pedesaan yang sudah belajar caranya melukis". "Orang lain mungkin punya pendapat lain, tetapi menurut kami, kualitas lukisan-lukisan itu agak biasa saja," kata Weidler. 

Karya seni Hitler mulai dilelang dalam beberapa tahun terakhir. Hitler diyakini menghasilkan sekitar 3.400 lukisan antara tahun 1909 hingga 1945. Sejumlah orang mempertanyakan keaslian lukisan-lukisan itu. 

Kalangan lain mempertanyakan moralitas pelelang karena mengambil keuntungan dari hasil karya pemimpin Nazi itu. Weidler mengaku telah menjual karya Hitler lainnya dan menurut kabar, komisi penjualan itu disumbangkan ke sebuah museum Yahudi. hadi.suprapto@vivanews.com

Kasus Film Porno Siskaeee Belum Juga Disidang, Ini Kata Polisi
Apple.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Penjualan iPhone telah hancur turun 10%, Apple Inc. (NASDAQ: AAPL) kehilangan posisi nomor satu dalam pengiriman ponsel pintar global pada kuartal pertama.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024