Dinilai Rasis, Iklan Lowongan Kerja di Saudi Picu Kemarahan

Ilustrasi.
Sumber :
  • http://www.tosu777.com/

VIVA.co.id –  Sebuah iklan yang hanya mengijinkan seseorang dengan kewarganegaraan India yang boleh melamar memicu kemarahan warga Arab Saudi. Warga Saudi mengatakan iklan itu diskriminatif.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Diberitakan oleh Al Arabiya, 13 Februari 2017, iklan tersebut dilaporkan menawarkan pekerjaan di beberapa negara, termasuk negara-negara Teluk dan salah satunya adalah Kerajaan Saudi. Iklan itu juga mengatakan, para kandidat akan diwawancara di India.

Warga Saudi lalu mengecam iklan tersebut. Melalui media sosial mereka menuding iklan tersebut rasis. Menurut mereka, banyak warga Saudi yang memenuhi kualifikasi untuk mengisi posisi tersebut. Mereka juga menyampaikan kemarahannya karena gaji yang ditawarkan sangat tinggi, yaitu berkisar antara US$2.600 hingga US$8.000.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

Pemilik akun Twitter @kabalkhail22 menulis: "Kementerian seharusnya tak mengijinkan iklan seperti itu, dan menjatuhkan sanksi pada mereka yang membuat iklan seperti itu. Ini harus menjadi perhatian Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial.

Sedangkan pemilik akun @abgngahtan menuliskan, "Nilai gajinya sangat mengejutkan. Sebuah iklan mencari insinyur,tenaga ahli asal India hanya di Saudi. Dan sebelumnya, hanya untuk orang Yordania. Ini provokasi."

Arab Saudi-Thailand Pulihkan Diplomatik Setelah 30 Tahun Tak Akur

Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial Arab Saudi mengatakan iklan seperti itu tak bisa diterima. Kementerian juga mengatakan akan melakukan investigasi. Juru bicara Kementerian, Aba al-Khail menuliskan di akun Twitternya, siapa saja yang memposting iklan tanpa ijin resmi dari Kementerian akan ditindak. (ren)

Selama ini perempuan Saudi hanya bekerja di bidang yang terbatas seperti guru dan tenaga kesehatan karena ketatnya pemisahan jender. (Reuters: Hamad I Mohammed)

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Sebuah lowongan kerja sebagai masinis perempuan di Arab Saudi dibanjiri oleh 28 ribu pelamar, padahal hanya 30 posisi yang tersedia. Antusiasme perempuan bekerja.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022