Bos Samsung Ditangkap, Terkait Kasus Korupsi

Bos Samsung Lee Jae-yong ditahan atas tuduhan terlibat korupsi.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Bos Samsung Lee Jae-yong ditangkap pagi ini, Jumat, 17 Februari 2017. Ia diduga terlibat dalam kasus korupsi yang juga melibatkan Presiden Korsel Park Geun-hye.

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

Lee ditahan di penjara Seoul, sambil menunggu keputusan pengadilan. Lee dan Samsung, melalui juru bicaranya membantah telah melakukan kesalahan atau terlibat pada kasus tersebut. Diberitakan oleh Reuters, Jumat 17 Februari 2017, Samsung dituduh memberikan donasi pada yayasan yang dioperasikan oleh Choi Soon-sil, sahabat Park Geun-hye.

Sementara itu, dilansir BBC, Jumat 17 Februari 2017, awalnya, Jae-yong sudah dimintai keterangan pada Januari, namun saat itu pihak pengadilan belum menangkapnya. Namun, awal pekan ini, Jae-yong kembali dimintai keterangan. Dan hari ini, pihak pengadilan mengatakan, "Perlu menangkap Jae-yong karena adanya tambahan pidana baru dan bukti baru".

3 Rekomendasi HP Samsung Terbaik Harga Dibawah Rp 5 Juta, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Jaksa agung masih memiliki waktu selama 20 hari untuk melakukan investigasi lebih lanjut guna melakukan penangkapan formal. Penangkapan itu tidak mencerminkan pendapat pengadilan apakah ia bersalah atau tidak. Namun, penangkapan ini lebih pada kemungkinan adanya potensi untuk melakukan kejahatan yang lebih serius atau risiko kabur.

Jaksa menuduh Lee Jae-yong memberikan donasi sebesar US$36 juta kepada organisasi yang terkait dengan Choi Soon-sil, sahabat Park Geun-hye. Mereka menuduh, donasi tersebut diberikan untuk mendapatkan dukungan pemerintah untuk restrukturisasi besar di Samsung, agar bisa mendukung terjadinya peralihan kekuasaan yang mulus dari Lee Kun-hee, ayah Lee Jae-yong, yang saat ini sedang sakit.

Influencer dan Gamer dari Seluruh Dunia Siap Menyerbu Tangerang, Banten

Dalam Sidang Parlemen pada Desember, Samsung berkomitmen memberikan sumbangan dengan nilai total 20,4 miliar won pada dua yayasan. Namun, mereka membantah berharap dapat imbalan atas sumbangan besar itu. 

Lee juga mengonfirmasi, perusahaannya telah memberikan kuda dan uang pada Chung Yoo-ra, anak perempuan Choi, untuk meningkatkan karier berkudanya. Dan kini ia mengaku menyesal telah melakukan itu.

Choi Soon-sil adalah sahabat baik Park Geun Hye, Presiden Korea Selatan yang dimakzulkan karena skandal korupsi yang melibatkan Choi. Mereka bersahabat sejak kecil, karena kedua ayah mereka juga bersahabat.

Selama Geun-hye menjadi presiden, Choi dituduh memanfaatkan kedekatannya dengan Geun-hye untuk mencari donasi bagi yayasan yang ia jalankan. Selain itu, Choi menggunakan kedekatannya dengan Geun-hye untuk melakukan intervensi politik.

Kasus ini membuat rakyat Korea Selatan marah. Selama dua pekan, jutaan warga Korsel turun ke jalan meminta Geun-hye mundur. Jumat, 9 Desember 2016, sebanyak 234 dari 300 anggota Majelis Nasional sepakat melengserkan Geun-hye. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya