Malaysia Memperketat Pengamanan Bandara

Polisi Malaysia berjaga di depan rumah sakit tempat jasad Jong-nam disemayamkan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Pemerintah Malaysia memperketat pengamanan di semua titik masuk ke negara tersebut, pasca terjadinya pembunuhan yang menewaskan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Bandara Internasional Kuala Lumpur, awal pekan ini.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Kepala Polisi Selangor, Datuk Abdul Samah Mat mengatakan langkah-langkah pengamanan tersebut termasuk pengawasan ketat terhadap penumpang di titik masuk-keluar di Bandara Internasional KL (KLIA) dan KLIA2.

Hal ini dilakukan untuk mencegah apabila ada tersangka lain dalam kasus ini yang mencoba melarikan diri dari Malaysia. Ia mengatakan pihak berwenang juga sedang menyelidiki kasus ini dari semua sudut, termasuk mencoba untuk mencari tahu apakah ada orang lain yang terlibat.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

"Kami juga masih menunggu respons dari Kedutaan Besar Korea Utara di Malaysia atas informasi yang kami minta untuk membantu penyelidikan kasus ini," kata Abdul Samah, seperti dikutip The Star.

Ketika ditanyakan apakah masih ada kemungkinan tersangka lain yang berada di Malaysia, Abdul Samah enggan berkomentar. Menurutnya polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Meski menarik perhatian dunia, insiden ini tidak menurunkan jumlah wisatawan lokal dan asing yang masuk ke Malaysia pekan ini. Seorang petugas berwenang di KLIA2 mengatakan kasus tersebut tidak mengganggu prosedur keamanan, dan terminal-terminal terus dipantau.

"Setiap penumpang diperiksa secara rinci sebelum diizinkan pergi melalui titik keberangkatan, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional," ujarnya.
 

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022