Kemenlu Terus Upayakan Pendampingan Siti Aisyah di Malaysia

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir
Sumber :
  • VIVAnews/Umi Kalsum

VIVA.co.id – Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir menegaskan terus berupaya mendapatkan akses pendampingan bagi Siti Aisyah (25), perempuan asal Serang, Banten, yang ditangkap atas dugaan pembunuhan terhadap kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.

CCTV Film Dokumenter Pembunuhan Kim Jong-nam Ungkap Banyak Hal

"Kami selalu komunikasi dengan otoritas Malaysia, ini dilakukan teman-teman di Kuala Lumpur," kata Fachir, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, 17 Februari 2017.

Menurut Fachir, seharusnya pemerintah Malaysia segera memberikan informasi dan akses kepada wakil pemerintah RI, jika seorang warga negara Indonesia ditangkap di negeri Jiran, guna mendapatkan pendampingan.

Jokowi Sudah Minta Presiden Duterte Bantu Pembebasan Tiga WNI

"Mestinya harus ada. Karena ini kan menyangkut warga negara kita. Memang sebenarnya ada establish practice ketika seorang warga negara asing (WNI) terkena kasus hukum. Maka sebenarnya kewajiban negara penerima menyampaikan pada perwakilan," kata Fachir.

Saat ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia sudah berada di Selangor. Ia pun berharap fakta-fakta yang sebenarnya bisa segera terungkap.

Kim Jong-nam, Kakak Tiri Kim Jong-un Disebut Intel Rahasia CIA

"Sejak kemarin staf KBRI sudah ke Selangor (Malaysia). Kami harap semakin clear fakta-faktanya," ujar Fachir.

Politikus Golkar Christina Aryani

DPR Titip Perlindungan WNI jadi Perhatian Calon Duta Besar RI

Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani, mengatakan proses uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test pada 13 calon Duta Besar. Perlindungan WNI juga disorot.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2023