Tidak Ada Tanda-tanda Luka di Tubuh Kim Jong-nam

Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara.
Sumber :
  • Kyodo/via REUTERS

VIVA.co.id – Hasil penyelidikan Polisi Forensik Malaysia menyebutkan tidak terdapat cedera eksternal pada tubuh Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Tim investigasi juga tidak melihat adanya tanda-tanda masam maupun bekas injeksi di tubuhnya.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

"Tapi kita tetap harus menunggu hasil laboratorium," kata seorang sumber yang tak disebutkan namanya, mengutip situs The Star, Jumat, 17 Februari 2017. Guru Besar Kriminolog dari Universiti Sains Malaysia, P Sundramoorthi mengatakan, tidak mudah untuk menentukan penyebab kematian orang yang telah diracuni.

Menurutnya, penyelidikan kasus ini akan memakan waktu lantaran bukti yang ada cenderung tidak konklusif. Berdasarkan hasil autopsi yang dilakukan divisi forensik menjelaskan, Jong-nam tewas diracun dengan menggunakan risin dan tetrodotoxin.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Risin adalah zat kimia mematikan yang ditemukan dalam biji tanaman pohon jarak, sementara tetrodotoxin adalah racun mematikan yang terkandung dalam ikan buntal. Berdasarkan cara kerjanya, risin adalah racun yang bekerja secara lambat, sementara tetrodotoxin dikenal dapat melumpuhkan dan membunuh korban dengan cepat.

Pemerintah Malaysia memperketat pengamanan di semua titik masuk ke negara tersebut, pasca terjadinya pembunuhan yang menewaskan Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur, awal pekan ini.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Kepala Polisi Selangor Datuk Abdul Samah Mat mengatakan, langkah-langkah pengamanan tersebut termasuk pengawasan ketat terhadap penumpang di titik masuk-keluar di Bandara Internasional KL (KLIA) dan KLIA2.

Hal ini dilakukan untuk mencegah apabila ada tersangka lain dalam kasus ini yang mencoba melarikan diri dari Malaysia. Ia mengatakan pihak berwenang juga sedang menyelidiki kasus ini dari semua sudut, termasuk mencoba untuk mencari tahu apakah ada orang lain yang terlibat.

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024