Kim Jong-un Tampil di Publik Pascakematian Kakak Tiri

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, berziarah ke makam ayahnya.
Sumber :
  • KCNA/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kemarin muncul di hadapan publik untuk pertama kali sejak kematian kakak tirinya, Kim Jong-nam, di Malaysia, pada Senin, 13 Februari lalu.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Menurut laman The Star, Jumat, 17 Februari 2017, wajah Jong-un terlihat muram saat mengunjungi Kumsusan Palace of the Sun di Pyongyang pada Kamis kemarin untuk memperingati kelahiran mendiang pemimpin Kim Jong-il, yang merupakan ayah dari Jong-un dan Jong-nam.

Di Korea Utara, tiap 16 Februari dikenal sebagai 'Day of the Shining Star' merupakan hari libur nasional. Ini merupakan hari libur paling penting kedua di negeri Tirai Besi, setelah ulang tahun Kim Il-sung yang dikenal sebagai 'Day of the Sun' tiap 15 April.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Dinasti keluarga Kim telah memerintah Korea Utara selama tiga generasi sejak didirikan setelah Perang Dunia II. Media resmi Korea Utara itu tak menyebutkan pembunuhan Kim Jong-nam di Malaysia dan diyakini tak banyak orang di Pyongyang bahkan menyadari beredarnya berita pembunuhan tersebut.

Seperti diketahui, pria berusia 46 tahun itu diracuni sebelum terbang ke Makau, China, oleh dua perempuan. Jong-nam tewas dalam perjalanan ke Rumah Sakit Putrajaya. Berdasarkan rekaman CCTV Bandara Internasional Kuala Lumpur, diketahui bahwa enam terduga pelaku tersebut sempat memainkan semprotan di sekitar lokasi kejadian sambil berjalan berkeliling bandara.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Dari aktivitas tersebut, polisi meyakini bahwa aksi semprotan tersebut kemungkinan besar adalah latihan, sebelum melakukan pembunuhan sebenarnya pada keesokan hari atas Kim Jong-nam. Jika benar, ini menunjukkan bahwa pembunuhan itu direncanakan secara cermat dan profesional. (ren)

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024