Kasus Pembunuhan Kim Jong-nam

Siti Aisyah Diduga Dibayar untuk Bikin 'Lelucon' di Bandara

Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.
Sumber :
  • REUTERS/Eriko Sugita

VIVA.co.id – Perkembangan baru terkait pembunuhan Kim Jong-nam kembali terkuak. Dua perempuan dan empat tersangka laki-laki yang terekam dalam CCTV bandara mengaku tidak mengenal satu sama lain, sebelum dibawa bersama-sama untuk "dipekerjakan" sebagai pembunuh.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Menurut seorang sumber yang tak disebutkan namanya, seperti dilansir Telegraph, keenam tersangka yang tinggal di Kuala Lumpur tersebut direkrut dan diarahkan oleh seorang agen rahasia untuk melakukan eksekusi.

Siti Aisyah, tersangka asal Indonesia yang ditangkap dini hari Selasa lalu, telah tinggal di Kuala Lumpur selama beberapa bulan. Ia bekerja sebagai wanita penghibur di sebuah klub malam Malaysia. Siti, maupun tersangka perempuan yang berasal dari Vietnam, mengaku kepada polisi bahwa mereka telah dibujuk untuk menyerang Kim sebagai bagian dari "lelucon".

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Dari pengakuannya, Siti mengaku didekati oleh seorang pria misterius di klub malam tempatnya bekerja dan ditawarkan uang senilai $100 untuk melakukan aksi tersebut. Karena butuh uang, Siti akhirnya menerima tawaran tersebut.

Ia mengaku tidak tahu siapa itu Kim Jong-nam dan tidak tahu tersangka lainnya dalam kasus ini. Pikirnya, mereka adalah kru film dari sebuah acara televisi komedi realitas. Meski demikian, kabar ini belum teridentifikasi kebenarannya.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Selain itu, pihak Kepolisian Malaysia juga telah menahan seorang pria Malaysia berusia 25 tahun, yang diyakini sebagai kekasih Siti. Meski diyakini tidak terlibat dalam kasus ini, namun pria tersebut hanya digunakan untuk memberikan informasi yang mengarah pada penangkapan Siti. (ren)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022