Seorang Pria Terduga Pembunuh Kim Jong-nam Ditangkap

Kim Jong-nam (kanan), kakak tiri Kim Jong-un, yang tewas diracun di Malaysia pada 13 Februari 2017.
Sumber :
  • Kyodo/via REUTERS

VIVA.co.id – Satu dari empat pria yang dicurigai berada di balik pembunuhan Kim Jong-nam berhasil ditangkap. Pria tersebut diidentifikasi sebagai warga negara Korea Utara benama Ri Jong Chol.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Dilansir The Star, Sabtu 18 Februari 2017, Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Khalid Abu Bakar mengatakan, pria berusia 47 tahun itu ditangkap setelah polisi menggerebek sebuah kondominium di Jalan Kuchai Lama, Malaysia pada Jumat kemarin, sekitar pukul 09.50 waktu setempat.

"Berdasarkan i-KAD di tangannya, tersangka diidentifikasi sebagai Ri Jong Chol, lahir pada tanggal 6 Mei 1970, warga Republik Demokratik Rakyat Korea," kata Khalid.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Artinya, tersisa tiga pria lagi yang masih diupayakan polisi untuk diburu.

Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, diduga dibunuh oleh dua perempuan yang memercikkan bahan kimia beracun ke wajahnya di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 pada Senin lalu. Jong-nam saat itu akan berangkat ke Macau.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Pada Rabu, tersangka pertama, yang memegang paspor Vietnam bertuliskan nama Doan Thi Huong, ditangkap di Bandara Kuala Lumpur saat bersiap untuk naik pesawat ke Vietnam. Dia telah memanggil taksi dari sebuah hotel di Bandar Baru Salak Tinggi ke bandara hari itu.

Pada Kamis, Siti Aisyah, warga berpaspor Indonesia juga ditangkap di sebuah hotel di Ampang.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022