TUTUP
TUTUP
DUNIA

4 Pembunuh Jong-nam Asal Korut, Sempat Transit di Jakarta

Keempatnya dituding sebagai otak pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un.
4 Pembunuh Jong-nam Asal Korut, Sempat Transit di Jakarta
Kim Jong-nam, Kakak Tiri Kim Jong-un, Pemimpin Korea Utara yang Dibunuh (Lim Se-young/News1 via REUTERS)

VIVA.co.id – Empat buronan pembunuh Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, disinyalir sudah kembali ke Pyongyang.

Keempatnya merupakan warga Korea Utara dengan atas nama Rhi Ji-Hyon (33), Hong Song (34), O Jong-gil (55), serta Ri Jae-nam (57).

Deputi Inspektur Jenderal Polisi Malaysia, Tan Sri Noor Rashid Ibrahim mengatakan, keempatnya berhasil lolos setelah dari Kuala Lumpur transit di Jakarta, Dubai, dan Vladivostok, sebelum akhirnya tiba di ibu kota Korea Utara tersebut.

Menurutnya, empat tersangka ini menjadi target utama Kepolisian Bukit Aman Malaysia. Sebelum melakukan aksi, keempatnya tiba di Malaysia dengan waktu yang berbeda. Hong Song tiba lebih dahulu pada 31 Januari.

Kemudian disusul Jae-nam pada 1 Februari, Ji-Hyon pada 4 Februari, dan terakhir Jong-gil pada 7 Februari. "Setelah misi sukses (membunuh Jong-nam), mereka mengambil rute panjang untuk mengecoh pihak berwenang," katanya, seperti dikutip situs The Star, Senin, 20 Februari 2017.

Oleh karena itu, Rashid Ibrahim mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Interpol dan pihak terkait lainnya di luar negeri untuk melacak keberadaan mereka. "Target berikutnya (menangkap) mereka. Kami akan menggunakan semua sumber daya untuk mengejarnya," ujar dia.

Kendati demikian, Rashid Ibrahim tidak menutup kemungkinan adanya motif politik dalam pembunuhan terencana ini. Namun, ia beserta jajarannya mengaku tidak tertarik untuk terlibat di dalamnya.

"Yang menjadi ketertarikan kami adalah mengapa mereka melakukan kejahatan di Malaysia. Setiap motif politik bisa dikesampingkan karena kami tidak bertugas untuk itu. Kami ingin mendapatkan kebenaran dan membawa para pelaku ke pengadilan," kata Rashid menegaskan.

Sebelumnya, Kepolisian Diraja Malaysia telah menangkap empat tersangka lainnya. Mereka adalah seorang warga Korea Utara bernama Ri Jong-chol (47), dua orang perempuan - Doan Thi Huong (28) asal Vietnam dan Siti Aisyah (25) WNI - serta Muhammad Farid Jalaluddin, warga Malaysia yang juga kekasih Aisyah.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP