TUTUP
TUTUP
DUNIA

Dubes Korut Bersikukuh Hasil Autopsi Malaysia Bohong

Dubes Kang mendesak diadakan investigasi bersama.
Dubes Korut Bersikukuh Hasil Autopsi Malaysia Bohong
Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia, Kang Chol (kiri). (REUTERS/Edgar Su)

VIVA.co.id – Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia, Kang Chol, menyatakan penyelidikan kematian Kim Jong-nam oleh pemerintah Malaysia tidak dapat dipercaya dan bermotif politik.

Ia pun mendesak Malaysia melakukan investigasi secara bersama. Mengutip situs Independent, Senin, 20 Februari 2017, Dubes Kang awalnya mengkritik karena Malaysia dianggap menyembunyikan sesuatu.

Autopsi jenazah kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ini juga dilakukan secara sepihak dan tidak melibatkan pemerintahannya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal I Kementerian Luar Negeri Malaysia, Raja Nurshirwan Zainal Abidin mengundang Dubes Kang ke Wisma Putra di Kuala Lumpur guna meminta penjelasan atas tuduhan tersebut.

Di lain pihak, Malaysia telah menarik pulang duta besarnya di Pyongyang untuk berkonsultasi. Menurut Raja Nurshirwan, pernyataan Dubes Kang sangat tidak berdasar.

Selain itu, pihaknya menyatakan serius terhadap setiap upaya yang akan menodai reputasi negaranya. Padahal, Raja Nurshirwan mengatakan, pemerintahnya terus-menerus mengabarkan laporan ke Kedutaan Besar Korea Utara tentang situasi dan kondisi terkini.

"Karena kasus kematian ini terjadi di Malaysia secara misterius, maka ini menjadi tanggung jawab kami untuk melakukan investigasi penyebab kematian," kata Raja Nurshirwan.

Jong-nam tewas setelah cairan tak teridentifikasi disemprotkan ke wajahnya di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Senin 13 Februari, pekan lalu. Pemerintah Seoul mengatakan serangan itu dilakukan oleh agen-agen perempuan atas perintah pemerintah Pyongyang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP