Korut Sebut Warganya yang Tewas di Malaysia Bernama Kim Chol

Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara.
Sumber :
  • Kyodo/via REUTERS

VIVA.co.id – Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia, Kang Chol mengatakan, penyelidikan penyebab kematian Kim Jong-nam oleh otoritas Malaysia tidak dapat dipercaya. Ia bahkan menuduh Malaysia telah menyembunyikan sesuatu.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

"Penyelidikan oleh Malaysia bukan untuk mengklarifikasi penyebab kematian dan pencarian tersangka, namun berisi tujuan politik," kata Kang Chol kepada wartawan, seperti dilansir The Guardian, Senin 20 Februari 2017.

Selain itu, Kang juga mengklaim bahwa warga Korea Utara yang tewas dibunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur pekan lalu bukan saudara tiri pemimpin Korea Utara, melainkan seseorang bernama Kim Chol. Ia tidak menyebutkan secara langsung bahwa korban tersebut adalah Kim Jong-nam.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan otoritas Malaysia, Kim Chol merupakan nama samaran yang digunakan oleh Kim Jong-nam. Ia diketahui memiliki beberapa paspor perjalanan.

Menanggapi pernyataan tersebut, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menegaskan, ia memiliki keyakinan bahwa pihak Kepolisian dan dokter yang berwenang melakukan penyelidikan, sangat objektif dalam melakukan pekerjaan mereka. Najib juga menegaskan Malaysia tidak memiliki alasan untuk memperburuk nama Korea Utara dan mengharapkan Korut untuk memahami penerapan hukum yang diterapkan di Malaysia.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Pejabat Korea Selatan dan Amerika Serikat meyakini Kim dibunuh oleh agen-agen yang dikirim dari Pyongyang. Ia dibunuh lantaran diduga selalu menentang kendali dinasti Korea Utara.

Atas insiden ini, pihak berwenang Malaysia telah menangkap seorang wanita Vietnam, satu wanita Indonesia, seorang pria Malaysia dan satu pria Korea Utara. Sementara empat warga Korea Utara yang meninggalkan Malaysia sejak tanggal 13 Februari masih menjadi buronan. (mus)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022