Pekerjaan Misterius Terduga Pembunuh Jong-nam

Kim Jong-nam, Kakak Tiri Kim Jong-un, Pemimpin Korea Utara yang Dibunuh
Sumber :
  • Joongang Ilbo/News1 via REUTERS

VIVA.co.id – Ri Jong Chol, warga negara Korea Utara yang ditangkap atas dugaan pembunuhan Kim Jong-nam, diketahui telah tinggal di Malaysia selama lebih dari tiga tahun tanpa bekerja di perusahaan terdaftar dan tak digaji.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Pria berusia 47 tahun itu memiliki visa kerja Malaysia yang menunjukkan bahwa ia adalah seorang karyawan dari Tombo Enterprise. Namun pemilik perusahaan mengatakan ia tidak pernah bekerja sehari pun di perusahaan obat herbal tersebut.

Chong Ah Kow, pemilik perusahaan, mengaku hanya memfasilitasi visa kerja Ri dengan menyatakan dalam dokumen pendukung bahwa dia adalah seorang manajer pengembangan produk di bagian IT perusahaan dan mendapatkan penghasilan 5.500 ringgit per bulan. Visa tersebut pernah diperbaharui sekali, pada Juni 2016.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

"Itu hanya formalitas, hanya dokumen. Saya tidak pernah membayarnya. Saya tidak tahu bagaimana dia bertahan di sini. Saya tidak tahu bagaimana dia mendapatkan uang," kata Chong, dikutip The Star, Rabu 22 Februari 2017.

Chong, yang telah beberapa kali pergi ke Korea Utara, mengaku hanya "membantu" Ri. Dia juga telah diwawancarai oleh polisi dan menyatakan siap menghadapi konsekuensi apapun apabila memberikan informasi palsu kepada pemerintah.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Chong juga mengungkapkan bahwa ia memang berteman baik dengan Ri. Sementara itu Ri tinggal bersama istri dan dua anaknya di Kuala Lumpur. Ia ditangkap sebagai salah satu tersangka utama dalam pembunuhan Kim Jong-nam. Meski demikian, polisi belum menentukan apa perannya dalam pembunuhan tersebut. (one)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022