TUTUP
TUTUP
DUNIA

Indonesia Ingatkan Malaysia Fokus Cari Pembunuh Kim Jong-nam

"Malaysia harus sampaikan ke pengacara kita, bukan disebar ke media".
Indonesia Ingatkan Malaysia Fokus Cari Pembunuh Kim Jong-nam
Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal. (VIVA.co.id/Dinia Adrianjara)

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia meminta Malaysia untuk fokus kepada penyidikan kasus pembunuhan Kim Jong-nam, serta tidak perlu menyampaikan informasi yang memperluas spekulasi.

Hal ini disampaikan lantaran banyaknya informasi simpang siur yang beredar melalui media internasional terkait dengan penyebab tewasnya kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, maupun keterlibatan salah satu warga Indonesia asal Serang, Banten, bernama Siti Aisyah (25).

"Kami belum dapat akses kekonsuleran, karena itu harapan kami kalau ada fakta hukum tentang SA. Harusnya polisi Malaysia sampaikan kepada pengacara kita yang ditunjuk, bukan kepada media. Ini proses hukum," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal, di Jakarta, Kamis, 23 Februari 2017.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, semua pejabat dan aparat hukum Malaysia mengatakan secara resmi bahwa penyidikan belum selesai karena bukti belum cukup. Sehingga, atas dasar itulah, pihak Malaysia meminta perpanjangan masa penahanan sementara.

"Pemerintah Indonesia akan fokus kepada pendampingan hukum berdasarkan fakta hukum yang nantinya tertuang dalam berkas perkara. Kami juga minta Malaysia menyampaikan perkembangan yang ada kepada pengacara, sebelum menyampaikannya kepada publik," tegas Iqbal.(adi)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP