Indonesia akan Kerja Sama Bidang Luar Angkasa dengan Prancis

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.
Sumber :
  • Viva.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan menerima kunjungan bilateral Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Marc Ayrault pada tanggal 27-28 Februari 2017 mendatang. Kunjungan ini untuk memperkuat hubungan kerja sama kedua negara.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

"Fokus kunjungan ini antara lain untuk membahas kerja sama ekonomi dan upaya untuk mendorong penyelesaian Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Uni Eropa (Indonesia-EU CEPA)," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir di Jakarta Pusat, Kamis 23 Februari 2017.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menteri luar negeri juga akan membahas perluasan akses pasar bagi produk-produk kayu Indonesia yang diproduksi secara berkelanjutan, terutama terkait sertifikasi FLEGT yang telah diterima oleh Indonesia sejak beberapa waktu lalu.

Menlu Retno Sebut Indonesia Ingin Afghanistan Jadi Negara Damai

Adapun kedua menteri juga akan membahas kerja sama dalam konteks maritim, kerja sama melawan terorisme, pendidikan, pariwisata dan "smart city".

"Diharapkan dalam pertemuan akan ditandatangani kesepakatan terkait pelatihan pendidikan dan diplomatik, juga kerja sama di bidang luar angkasa antara LAPAN dan lembaga Prancis," ujarnya.

Alasan Evakuasi WNI di Afghanistan Pakai Pesawat TNI AU

Arrmanatha Nasir mengatakan bahwa selain untuk membicarakan kerja sama bilateral, pertemuan ini juga akan mempersiapkan rencana kunjungan Presiden Prancis, Francois Hollande ke Indonesia, pada bulan Maret 2017 mendatang.

Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022