Agenda Utama Kunjungan Presiden Jokowi ke Australia

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Setelah menempuh perjalanan sekitar enam jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Sydney, Australia. Pesawat tersebut mendarat di Bandara Kingsford-Smith Sydney Airport, Sabtu 25 Februari 2017.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Agenda utama Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kenegaraannya ke Australia adalah peningkatan hubungan sebagai negara tetangga.

Dilansir Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam laman Setneg.go.id, kunjungan dua hari ini merupakan tindak lanjut dari rencana kunjungan yang sebelumnya mengalami penundaan pada akhir tahun 2016 yang lalu.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Di Sydney, Presiden Jokowi direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Turnbull untuk membicarakan beberapa hal yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan negara bertetangga yang saling menguntungkan dan menghormati.

Dari segi ekonomi, Presiden Jokowi dan PM Turnbull akan menyinggung pentingnya IACEPA (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement) diselesaikan tahun ini.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Di sektor lain, beberapa potensi kerja sama antara lain di bidang investasi, pariwisata, dan pendidikan juga akan dibicarakan dalam pertemuan antar kepala negara dan kepala pemerintahan itu.

Adapun sekilas agenda kunjungan kenegaraan yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi di Sydney antara lain, setibanya di Sydney, 25 Februari 2017, sore harinya Presiden Jokowi direncanakan akan menghadiri pertemuan bisnis dengan para pengusaha Australia dan akan menghadiri Jamuan Makan Malam oleh PM Turnbull di kediaman pribadinya.

Di hari kedua, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Turnbull, dan kemudian dilanjutkan melakukan pertemuan dengan Gubernur Jenderal Australia Lady Cosgrove sebelum kembali ke Tanah Air sore harinya.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kenegaraan ke Australia antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Sydney Australia sejak Jumat, 24 Februari 2017 untuk memimpin persiapan akhir kunjungan kenegaraan Presiden ke Australia ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya