Arab Saudi Dukung RI dengan Tak Ikut Campur Urusan Internal

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud (kanan), bersama Syeikh Emir Kuwait, Sabah al-Ahmed.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Menjelang kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis al-Saud, beredar kabar bahwa pentolan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab, akan bertemu dengan dirinya.

Pengamat Nilai Anies Manfaatkan Momen Jamuan Raja Salman untuk Pilpres

Akan tetapi, hal ini belum terkonfirmasi kebenarannya. Menurut Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Al Shuaibi, kedatangan Raja Salman ke Indonesia adalah atas undangan langsung Presiden Joko Widodo sejak 2015.

Kedatangannya juga bertujuan untuk mengedepankan kerja sama di berbagai bidang. "Pemerintah Arab Saudi mendukung Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar dunia. Apa pun yang terjadi di dalam negeri adalah urusan pemerintah Indonesia. Kami tidak mau campur tangan," kata Osama di Kedutaan Arab Saudi, Jakarta, Selasa, 28 Februari 2017.

Sama-sama Dijamu Raja Arab, Berikut Perbedaan Respons Anies dan Ganjar di Media Sosial

Menurutnya, beberapa ketegangan yang terjadi di Indonesia, khususnya Jakarta, terkait dengan umat Muslim, harus segera diselesaikan demi menjaga kestabilan keamanan. Pemerintah Saudi juga mendukung dan bersedia membantu jika diminta oleh Indonesia.

"Kalau pemerintah Indonesia meminta bantuan kami, tidak masalah. Kami tidak akan menolak. Harapannya masalah ini bisa diselesaikan demi menjaga kestabilan keamanan," ucapnya. (ase)

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet
Yusuf Mansur bersama dua bacapres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Pamer Foto Diundang Raja Arab, Anies Dinilai Ingin Dapatkan Efek Elektoral

Dua bakal capres 2024, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sama-sama menunaikan ibadah haji pada 2023 dan dijamu makan siang oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023