Sambangi RI, Raja Salman akan Sepakati 10 Nota Kerja Sama

Persiapan Indonesia menjelang kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, ke Indonesia akan menandatangani 10 nota kesepahaman. Salah satunya bidang pendidikan dan kebudayaan.

Pengamat Nilai Anies Manfaatkan Momen Jamuan Raja Salman untuk Pilpres

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir mengatakan, selain pendidikan dan kebudayaan, kesepakatan ini terkait dengan kerja sama bidang kesehatan, peningkatan status mekanisme bilateral (Sidang Komisi Bersama), keislaman dan dakwah, kelautan dan perikanan, UMKM serta perdagangan.

Menurutnya, Raja Salman akan memberikan bantuan kepada tiga sekolah di tiga kota besar, di antaranya Makassar, Medan dan Surabaya. Pendanaan ini ditujukan dalam kaitannya untuk pendidikan bahasa Arab.

Sama-sama Dijamu Raja Arab, Berikut Perbedaan Respons Anies dan Ganjar di Media Sosial

Kerja sama pendidikan ini didasari pula dengan hubungan bilateral dan persahabatan yang telah terjalin sejak lama. Dalam perjanjian ini, diharapkan ke depannya kedua negara dapat mengembangkan program pertukaran pelajar untuk peningkatan pendidikan masing-masing negara.

Program pertukaran pelajar ini sangat penting sekaligus penerapan komitmen bagi kedua negara, khususnya dalam mengembangkan pendidikan bahasa Arab dan bahasa asing lainnya. Tak hanya itu, kerja sama juga menyasar bidang pelayanan udara.

Raja Salman Sukses Jalani Operasi Kantung Empedu

Arrmanatha melanjutkan bahwa kedua negara juga sepakat bahwa pesawat yang terbang dari beberapa bandara di Indonesia bisa mengakses seluruh bandara di Arab Saudi. Begitu pula sebaliknya, Saudi juga bisa mengakses lima bandara di Indonesia yaitu Jakarta, Deli Serdang, Surabaya, Makassar dan Denpasar.

"Tujuannya tidak saja untuk mendongkrak jumlah turis dan pariwisata, namun membantu dalam konteks transportasi umrah, sehingga lebih mudah," kata Arrmanatha, di Jakarta, Selasa, 28 Februari 2017. (ase)

Yusuf Mansur bersama dua bacapres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Pamer Foto Diundang Raja Arab, Anies Dinilai Ingin Dapatkan Efek Elektoral

Dua bakal capres 2024, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sama-sama menunaikan ibadah haji pada 2023 dan dijamu makan siang oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023