Jokowi Minta Raja Salman Lindungi WNI di Arab Saudi

Pertemuan Raja Salman dan Presiden Jokowi di Istana Bogor
Sumber :
  • REUTERS/Adi Weda/Pool

VIVA.co.id – Dalam pertemuan bilateral antara pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi, Presiden Joko Widodo juga meminta Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud, untuk memperhatikan nasib warga negara Indonesia yang ada di Arab. Secara khusus, Jokowi meminta kepada Raja Salman agar nasib WNI tersebut benar-benar dilindungi.

Pengamat Nilai Anies Manfaatkan Momen Jamuan Raja Salman untuk Pilpres

"Presiden Jokowi menitipkan WNI yang tinggal di Arab Saudi dan telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Arab Saudi agar mendapatkan pengayoman dan perlindungan dari Yang Mulia Raja Salman," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam keterangan pers bersama, di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, 1 Maret 2017.

Tidak dijelaskan secara rinci, apakah WNI yang dimaksud adalah termasuk tenaga kerja Indonesia (TKI) dan yang menjalankan haji umrah atau tidak. Sebab, yang menjadi masalah selama ini, memang mengenai TKI.

Sama-sama Dijamu Raja Arab, Berikut Perbedaan Respons Anies dan Ganjar di Media Sosial

Dalam pertemuan bilateral itu, ada sebelas kesepakatan yang ditandatangani antara Indonesia dengan Arab Saudi. Untuk itu, kesepakatan yang tertuang dalam memorandum of understanding atau MoU, akan ditindak lanjuti secepatnya oleh menteri-menteri terkait.

"Kedua pemimpin sepakat untuk segera menindaklanjuti segala kesepakatan-kesepakatan yang dibahas dengan mengirimkan para menterinya," kata Retno. (ase)

Raja Salman Sukses Jalani Operasi Kantung Empedu
Yusuf Mansur bersama dua bacapres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Pamer Foto Diundang Raja Arab, Anies Dinilai Ingin Dapatkan Efek Elektoral

Dua bakal capres 2024, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sama-sama menunaikan ibadah haji pada 2023 dan dijamu makan siang oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023