India Boikot Produk Coca-Cola dan Pepsi

Warga Tamil Nadu, India Selatan boikot produk minuman CocaCola dan Pepsi.
Sumber :
  • REUTERS/Amit Dave

VIVA.co.id – Penjualan produk minuman ringan bersoda, Coca-Cola dan Pepsi, telah dilarang di Tamil Nadu, India Selatan. Pelarangan ini karena keberadaan produsen minuman asal Amerika Serikat itu dituding menyedot banyak air tanah dan sungai yang mengakibatkan kekeringan.

Pakar: Aksi Bantuan Nyata Lebih Dibutuhkan Dibanding Boikot

Selain itu, kedua produk tersebut merusak kesehatan karena mengandung kimia dan kadar gula yang tinggi. Larangan yang diusulkan oleh dua asosiasi pedagang utama ini mulai berlaku pada Rabu, 1 Maret. Lebih dari satu juta toko diperkirakan akan mematuhi larangan ini.

Kedua asosiasi besar yang melarang adalah Federasi Pedagang Tamil Nadu (FTNTA) dan Forum Asosiasi Pedagang Tamil Nadu (TNTAF). "Kami mempromosikan minuman ringan India, dan akan mendorong penjualan minuman yang sehat seperti jus buah," kata Tha Vellaiyan, Presiden FTNTA, seperti dikutip situs BBC, Kamis, 2 Maret 2017.

Gerakan Asal Boikot Dinilai Bisa Timbulkan Fitnah, Pakar: Dalam Islam Tak Boleh Sewenang-wenang

Sementara itu, Asosiasi Makanan dan Minuman India (India Beverage Association/IBA) mengaku kecewa dengan larangan tersebut.

"Perusahaan Coca-Cola dan Pepsi di India bersama-sama menyediakan lapangan kerja langsung ke sekitar 7.000 kepala keluarga di Tamil Nadu," bunyi keterangan resmi IBA. Adapun, Pepsi dan Coca-Cola belum memberi komentar resmi atas larangan tersebut. (one)

Terpopuler: Film Horor yang Terancam Diboikot sampai Suami Ungkap Rindu ke Stevie Agnecya
Saipul Jamil

Heboh Bacanda Soal Pencabulan, Netizen Ungkap Seruan Boikot Saipul Jamil

Sebagaimana diketahui, Saipul Jamil pernah tersandung kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur pada 2016. Ia kembali bebas ke masyarakat pada September 2021.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024