PM Australia Kesengsem Kopi Toraja

Presiden Jokowi dan PM Turnbull saat berkunjung ke booth kopi Toraja dan Aceh, Selasa, 7 Maret 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull beserta sejumlah delegasi Afrika menyempatkan diri berkunjung ke booth pameran perdagangan (trade exhibitions) di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok Negara-negara Pesisir Samudera Hindia (Indian Ocean Rim Association/IORA), di Jakarta Convention Center, Selasa, 7 Maret 2017.

Industri Makanan dan Minuman Berpeluang Rebut Pasar IORA

Dalam kesempatan itu pula Jokowi memamerkan sejumlah produk unggulan Indonesia kepada Turnbull. Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, Selasa, 7 Maret 2017, ia tampak tertarik dengan kopi khas Indonesia, yaitu Toraja. Turnbull pun bertanya kepada salah satu tenant booth mengenai potensi kopi terbaik yang telah diekspor ke mancanegara.

"Dia bertanya ekspor kopi Indonesia apa? Kemudian kopi apa yang terbaik, dan telah diekspor ke mana saja? Kami jelaskan bahwa kopi terbaik Indonesia adalah Toraja Sulotco yang berasal dari daratan pegunungan Rante Karua," kata Iwan Setiawan, staf tenant booth kopi yang berbincang langsung dengan Turnbull.

RI Punya Banyak Produk Menarik untuk Pasar IORA

Iwan mengatakan bahwa Turnbull memuji kualitas kopi Indonesia. "Dia bilang kalau kopi Indonesia sangat bagus dan enak dinikmati untuk semua kalangan," ujarnya. Selain produk kopi, mantan Wali Kota Solo ini juga mengajak Turnbull untuk melihat produk olahan kelapa.

Bahkan, Jokowi sempat mencicipi air santan olahan sembari memperkenalkan produk tersebut kepada Turnbull dan delegasi Afrika. "Presiden sempat promosikan olahan produk kelapa kita kepada pemimpin negara Australia serta delegasi Afrika. Mereka tampak tertarik, dan kami bilang bahwa produk olahan ini sudah diekspor," ungkap Tay Enoku, staf tenant booth Kara.

Anggunnya Gaya 5 Istri Kepala Negara Peserta KTT IORA

Seperti diketahui, hari ini merupakan puncak KTT IORA, sekaligus untuk merayakan berdirinya organisasi yang telah berusia 20 tahun. Hadir dalam KTT beberapa pemimpin negara seperti Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak, PM Bangladesh Sheikh Hasina, serta Presiden Yaman Rabbuh Mansour. (ase)

Kapal Perang SSV1 Buatan PT PAL (Persero) yang dibeli Angkatan Laut Filipina.

Beberapa Negara Tertarik Pesan Kapal Buatan PT PAL

Rata-rata dari negara Afrika.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2017