Indonesia dan Sri Lanka Sepakat Berantas Maling Ikan

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Twitter Presiden Joko Widodo

VIVA.co.id – Indonesia dan Sri Lanka menandatangani tiga kesepakatan yang dituangkan ke dalam perjanjian kerja sama (memorandum of understanding/MoU). Tiga kesepakatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara. Demikian hasil pertemuan Presiden Joko Widodo dan tamunya dari Sri Lanka, Presiden Maithripala Sirisena, di Jakarta hari ini.

Putu DPR Minta Pemerintah Bangun Konsep Blueprint Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Ketiganya adalah MoU bidang kelautan dan perikanan, komunike bersama penanganan illegal fishing, serta MoU bidang industri tradisional. Jokowi mengungkapkan, dalam pertemuan ini, mereka membicarakan beberapa hal, termasuk kerja sama ekonomi.

"Selain tiga kesepakatan, kami juga berupaya menguatkan kerja sama ekonomi.  Indonesia menyampaikan kesediaannya mendukung pembangunan di Sri Lanka," kata Jokowi, dalam pernyataan pers bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 8 Maret 2017.

CENTRIS Ingatkan Afghanistan Soal China, Supaya Tak Senasib dengan Srilanka

Tak hanya ekonomi, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan mereka juga membahas masalah demokrasi. Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, sehingga ke depannya akan ada pertukaran pengalaman.

Kedatangan Presiden Maithripala Sirisena ke Indonesia merupakan bagian dari agenda Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok Negara-negara Pesisir Samudera Hindia (Indian Ocean Rim Association/IORA) yang dihelat pada 5-7 Maret 2017. Sri Lanka merupakan negara anggota IORA. (ren)

Muslim di Sri Lanka Dihantui Diskriminasi dan Kekerasan, Mengapa
Ilustrasi Dokter Berlari

Dokter Muslim Ini Difitnah Jadi Biang Keladi Pemandulan Perempuan Non-Muslim

Beredar konspirasi di kalangan penganut Buddha garis keras anti-Muslim di Sri Lanka. Seorang dokter pria dari Kota Kurunegala di barat laut telah menjadi sasaran tuduhan.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2023