KJRI Chicago Beri Akses Kekonsuleran untuk WNI

Temu Masyarakat Indonesia di Kentucky, AS.
Sumber :
  • VIVA.co.id/KJRI Chicago

VIVA.co.id – Menghadapi kebijakan imigrasi Amerika Serikat di bawah Presiden Donald John Trump, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Chicago, Rosmalawati Chalid, mengajak semua warga negara Indonesia untuk tenang dan menghormati peraturan yang berlaku.

KJRI Chicago Rangkul Pebasket NBA Justin Holiday Jadi Duta Batik di AS

Hal ini disampaikan dalam pertemuannya dengan WNI yang bermukim di wilayah Lexington, Kentucky. "Kelengkapan dokumen merupakan hal penting untuk dimiliki WNI guna meminimalisasi potensi timbulnya masalah akibat perubahan kebijakan imigrasi," kata Rosmalawati, melalui keterangan tertulis, Jumat, 10 Maret 2017.

Untuk mendukung masyarakat Indonesia memutakhirkan dokumen kekonsuleran, KJRI Chicago juga memberikan pelayanan berupa Warung Konsuler bagi WNI yang ingin berkonsultasi mengenai masalah keimigrasian.

Jokowi Sudah Minta Presiden Duterte Bantu Pembebasan Tiga WNI

"Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan untuk mendekatkan WNI dengan KJRI. Selama ini banyak WNI tidak berani datang karena melakukan kesalahan di bidang imigrasi. Padahal, apa pun masalahnya, KJRI siap memberikan bantuan dan perlindungan," Rosmalawati, menegaskan.

Perlindungan WNI merupakan prioritas utama semua perwakilan RI di luar negeri, termasuk KJRI Chicago. Saat ini, terdapat lebih dari 10 ribu masyarakat Indonesia yang bermukim di wilayah akreditasi KJRI Chicago.

Data dan Strategi Perlindungan WNI di Luar Negeri Empat Tahun Terakhir

Sebagian besar adalah mahasiswa yang menempuh pendidikan di berbagai sekolah, universitas maupun institusi pendidikan lainnya. (art)

Politikus Golkar Christina Aryani

DPR Titip Perlindungan WNI jadi Perhatian Calon Duta Besar RI

Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani, mengatakan proses uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test pada 13 calon Duta Besar. Perlindungan WNI juga disorot.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2023