Menlu Retno: Siti Aisyah Masih Diproses Hukum

Siti Aisyah dalam pengawalan polisi Malaysia.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Siti Aisyah (25 tahun), salah satu warga negara Indonesia yang diduga terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam, hingga kini masih menjalani proses hukum di Kuala Lumpur, Malaysia.

DPR Titip Perlindungan WNI jadi Perhatian Calon Duta Besar RI

Pemerintah Indonesia menjamin memberikan pendampingan hukum dengan baik. "Tujuan pendampingan kepada SA ini adalah agar hak hukumnya tidak berkurang. Sekali lagi saya tekankan bahwa sudah ada tim hukum yang kita siapkan di KBRI Kuala Lumpur," kata Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, di Jakarta, Senin, 13 Maret 2017.

Ia juga mengungkapkan bahwa sejak Sabtu, 11 Maret lalu, tim KBRI Kuala Lumpur untuk kedua kalinya sudah bertemu Siti Aisyah. Dari pertemuan itu, Retno menegaskan bahwa SA dalam kondisi baik dan diperlakukan dengan baik pula.

Siti Aisyah Beli Mobil Pakai Uang Hasil Menipu Ratusan Mahasiswa di Bogor

"Kita juga melakukan beberapa pendalaman informasi dari SA, dan kita juga sudah sampaikan bahwa KBRI KL telah menyediakan tim pengacara untuk mendampinginya," ujar Retno.

Sejak diberikannya akses kekonsuleran pada 25 Februari 2017, tim verifikasi KBRI Kuala Lumpur telah melakukan pengecekan secara fisik terkait status kewarganegaraan Siti, guna mendapatkan informasi awal dalam rangka memberikan pendampingan lebih lanjut.

Modus Culas Siti Aisyah Tilap Rp2,3 Miliar dari Ratusan Mahasiswa di Bogor

Dari hasil verifikasi, tim berhasil memindai data sidik jari dan paspor Siti Aisyah dan ternyata benar dan cocok. Kendati demikian, beberapa waktu lalu, Retno mengatakan bahwa keterangan lainnya belum dikeluarkan lantaran masih harus menunggu proses lainnya di pengadilan. (one)

Habib Jafar

Meriahkan Acara Final Free Fire, Habib Jafar: Main Game Boleh Asal Jangan Lupa Ibadah

Pendakwah asal Indonesia, Habib Jafar memeriahkan acara grand final Free Fire. Dalam acara tersebut, ia menyampaikan beberapa pesan kepada para gamer.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2023