TUTUP
TUTUP
DUNIA

Kota Kecil Ini Dilego Rp51 Miliar

Pembeli yang berminat yakni investor China dan pengusaha farmasi.
Kota Kecil Ini Dilego Rp51 Miliar
Ilustrasi kota kecil. (TVOne)

VIVA.co.id – Sebuah kota kecil bernama Tiller dilego dengan harga US$3.850.000 atau sekitar Rp51 miliar. Kota tak berpenghuni yang letaknya berada di 225 mil atau 362 kilometer dari selatan Portland, Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat, ini sudah mulai dijajakan sejak 2015.

Sang pemilik kota, Garrett Zoller, mengemukakan kalau dirinya menjual kota seluas 256 hektare tanah ini, yang di dalamnya berisi tujuh rumah, sebuah apartemen, pom bensin dan toko, serta satu mil sungai.

Ia merupakan pemilik dari perusahaan real estate, Land and Wildlife. "Pemilik baru akan menemukan pengalaman unik dengan berbagai zonasi yang berbeda sepanjang Sungai Umpqua Selatan. Tiller dikelilingi oleh Hutan Nasional Umpqua dan Biro Managemen Pertanahan," kata Zoller, seperti dikutip situs UPI, Jumat, 17 Maret 2017.

Memang ada sekitar 250 orang yang tinggal di sekeliling kota itu. Namun, menurut Zoller, para warga meninggalkan kawasan itu ketika bisnis penebangan kayu anjlok dan pabrik pengolahan kayu ditutup.

Saat ini, penghuni di kota Tiller hanya ada dua orang, mantan guru yang tinggal di dekat sekolah dan pendeta dari gereja setempat. Zoller mengungkapkan bahwa keduanya tak menjual lahan milik mereka.

Sejauh ini para pembeli yang berminat adalah para investor China, pengusaha farmasi serta agrikultur. "Oregon State Highway 227, atau dikenal sebagai Tiller Trail Highway, merupakan bangunan bersejarah yang menghubungkan Interstate 5 dan State Highway 62," ungkapnya.

Berada di ketinggian 1.020 kaki membuat Tiller beriklim ringan. Pembelian Tiller juga sudah termasuk 28 pajak (tax lots) hak atas perairan, dua juta papan kayu, dan Toserba Tiller. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP