AS Mengancam, Korea Utara Tak Gentar

Kapal induk AS USS Carl Vinson.
Sumber :
  • REUTERS/Cho Jung-Ho

VIVA.co.id – Korea Utara tidak gentar dengan segala bentuk ancaman Amerika Serikat, baik melalui sanksi berlapis maupun invasi, berkaitan dengan uji rudal nuklir.

Kim Jong-Un Dikabarkan Meninggal Dunia

"Kami akan terus mempercepat dan memperkuat program nuklir, termasuk mengembangkan rudal balistik antarbenua. Nuklir adalah pedang keadilan yang berharga dan penangkal perang yang paling bisa diandalkan untuk mempertahankan Tanah Air kami," kata Wakil Duta Besar Korea Utara untuk PBB, Choe Myong-nam, seperti dikutip situs Reuters, Rabu, 22 Maret 2017.

Myong-nam bahkan menegaskan,kekuatan militer Korea Utara mampu merespons ancaman perang terbuka dari AS. "Kami tidak takut ancaman AS. Larangan sistem transaksi internasional maupun sistem keuangan global, tidak akan membuat kami gentar," ujarnya.

Demi Lolos Tes Narkoba, Wanita di AS Kirim Urine Anjing Peliharaan

Tak hanya itu, ia juga mencela latihan militer gabungan AS dan Korea Selatan di Semenanjung Korea. Menurutnya, latihan gabungan itu justru makin mengukuhkan Korea Utara melanjutkan program nuklir dengan akselerasi penuh.

"Kalau AS mengira mereka akan membuat kami takut. Mereka akan menyadari bahwa metode mereka gagal total. Serangan (sanksi dan ancaman perang) justru menciptakan permusuhan," ujar Myong-nam.

Kim Jong-un Siapkan Uji Coba Rudal Antar Benua

Pernyataan diplomat senior Korea Utara ini sebagai respons atas komentar Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, yang menyebut opsi militer tidak tertutup kemungkinan dilakukan ke negeri Tirai Besi itu.

Pyongyang telah melakukan dua kali uji coba nuklir dan serangkaian uji coba rudal sejak awal tahun lalu. Yang terbaru, negeri komunis itu meluncurkan empat rudal balistik ke arah Laut Jepang, dan sedang berusaha mengembangkan rudal-rudal balistik yang bisa menjangkau wilayah AS.

Rumah mewah Kim Jong-un.

Kapal Mewah Kim Jong-Un Tertangkap Satelit di Sekitar Kota Wonsan

Kim Jong-Un diyakini ada di vila dalam masa pemulihan akibat operasi.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2020