Video Detik-detik Penyerangan di Gedung Parlemen Inggris

Kondisi korban di jembatan Westminster dalam serangan teror, 22 Maret 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Toby Melville

VIVA.co.id – Aksi teror di depan Gedung Parlemen Inggris di Kota London membuat kepanikan. Kejadian yang berlanjut penabrakan puluhan orang yang berada di Jembatan Westminste ikut memaksa petugas mengevakuasi PerdaTVna Menteri Inggris, Theresa May yang berada di gedung itu.

Pensiunan Dokter Diduga Tewaskan Ratusan Pasien

Dikabarkan, pelaku tewas ditempat kejadian setelah ditembak petugas dan setidaknya ada 12 orang luka-luka dan dua warga meninggal dunia. Cuma siapa pelaku dan identitasnya belum dirilis petugas, juga mengenai jumlah korban meninggal.

Terkait kejadian ini, polisi Inggris bahkan melakukan pengetatan pengamanan guna mengantisipasi aksi teror lanjutan. Terlihat polisi banyak berjaga-jaga di jalan-jalan di Kota London.

Salah Mengira Kuil sebagai Masjid, Diplomat Inggris Dikecam

Lihat video detik-detik penyerangan di Gedung Parlemen Inggris dalam tautan berikut.

Sejumlah anggota parlemen mengatakan mereka telah mendengar tiga atau empat tembakan. Sebuah sumber di  Downing Street, kantor Perdana Menteri,  mengatakan Perdana Menteri Theresa May adalah dalam keadaan baik-baik saja. Menurut sumber tersebut, tak lama setelah terdengar tembakan di Parlemen, Perdana Menteri Theresa May dilarikan menggunakan sebuah mobil Jaguar berwarna perak. Polisi juga meminta seluruh staf yang berada di dalam Parlemen  untuk tetap tinggal di dalam kantor mereka.

Nonton Konser, Cara Ratu Elizabeth II Rayakan Ultah ke-92

Tom Peck, editor politik untuk Independent, memberi laporan melalui akun Twitternya: ".. Ada ledakan keras, teriakan,  lalu suara tembakan polisi bersenjata di mana-mana..."

Editor politik AP,  Andrew Woodcock menyaksikan adegan berlangsung dari jendela kantornya yang menghadap New Palace Yard. "Saya mendengar teriakan dan jeritan dari luar dan melihat keluar, dan ada sekelompok mungkin 40 atau 50 orang yang melarikan diri dari tikungan Bridge Street ke Parliament Square. Mereka tampaknya melarikan diri dari sesuatu," ujarnya seperti dikutip dari BBC, 22 Maret 2017.

"Peristiwa itu terjadi tak lama setelah orang-orang tersebut keluar dari gerbang Carriage Gates, yang dijaga oleh seorang polisi. Tiba-tiba seorang pria berlari dari kerumunan tersebut menuju ke taman. Dia tampak memegang pisau dapur yang panjang. Tak lama saya mendengar tembakan, saya rasa tiga dari mereka, berikutnya saya melihat dua orang tergeletak di tanah, dan sejumlah orang berlari membantu mereka," ujarnya.

"Polisi bersenjata yang cepat di tempat kejadian dan saya mendengar mereka berteriak kepada orang-orang untuk keluar dari halaman," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya