RI dan Prancis 'Sehati' soal Kemerdekaan Palestina

Dua tentara Israel berhadapan dengan seorang gadis kecil Palestina.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Prancis adalah salah satu negara yang turut mendukung kemerdekaan Palestina. Bersama Indonesia, Prancis memiliki posisi sama dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua-negara (two-state solution).

Canggihnya Kapal Induk Prancis Dixmude, Bikin Gentar Musuh

"Kemerdekaan Palestina sangat tinggi dukungannya di berbagai forum internasional. Kami selalu mengedepankan kepentingan Palestina. Prancis juga demikian. Kami punya misi yang sama," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Kamis 23 Maret 2017.

Prancis merupakan negara tempat berlangsungnya Paris International Conference - konferensi yang membahas proses perdamaian Israel dan Palestina. Pembicaraan soal Palestina ini akan menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam kunjungan Presiden Prancis Francois Hollande ke Indonesia pada 29 Maret mendatang.

Kapal Induk Prancis Merapat di Tanjung Priok

Kunjungan ini menjadi suatu pertemuan bersejarah, mengingat François Mitterrand adalah Presiden Prancis terakhir yang berkunjung ke Indonesia pada 1987.

Kunjungan Hollande ke Indonesia merupakan kesempatan yang baik bagi kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama strategis (strategic partnership).

RI dan Prancis Lanjutkan Kerja Sama Mitigasi Bencana Geologi

Selain membahas kemerdekaan Palestina, penguatan kerja sama yang akan difokuskan dalam kunjungannya kali ini, yaitu maritim dan ekonomi kreatif.

Dukungan konkret Indonesia terhadap Palestina telah menjadi perhatian lama. Beberapa bantuan telah diberikan, di antaranya meningkatkan pembangunan kapasitas (capacity building) dan mendirikan rumah sakit.

Selain itu, tahun lalu Indonesia menempatkan Konsul Kehormatan pertama di Palestina, Maha Abu-Shusheh, yang berkedudukan di Ramallah. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya