AS Persulit Penumpang, ini Respons Nyinyir Maskapai Yordania

Pemerintah AS melarang warga dari negara-negara Timur Tengah membawa gadget ke dalam kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Amerika Serikat kembali mengeluarkan aturan. Dengan dalih mencegah terorisme, mereka melarang warga dari Timur Tengah membawa gadget mereka ke dalam pesawat. Keputusan itu ditanggapi nyinyir oleh maskapai Yordania.

Ledakan Besar Guncang Pangkalan Militer di Yordania

Dikeluarkannya larangan penggunaan alat elektronik di kabin pesawat oleh pemerintah Amerika Serikat dan Inggris menuai kontroversi. Peraturan ini membuat maskapai yang terbang dari enam negara Timur Tengah dan Afrika Utara harus mengikuti kebijakan tersebut.

Semua penerbangan yang terbang dari Mesir, Yordania, Lebanon, Arab Saudi, Tunisia dan Turki ke Inggris, terkena dampak peraturan ini. Dalam peraturan disebutkan, penumpang tidak diizinkan membawa perangkat elektronik yang lebih besar dari ukuran ponsel (16 x 9.3 x 1.5 cm) ke dalam kabin pesawat, kecuali dimasukkan ke dalam bagasi.

Yordania Akhirnya Bubarkan Ikhwanul Muslimin, Ikut Jejak Saudi

Peraturan ini dengan alasan bahwa para pembuat bom di kalangan kelompok teroris Al Qaeda di Timur Tengah, telah meningkatkan keterampilan mereka dalam merakit bahan peledak. Tak tertutup kemungkinan, bahan peledak tersebut bisa disematkan ke benda elektronik seperti laptop.

"Prioritas utama kami adalah menjaga keselamatan warga Inggris," demikian pernyataan pemerintah setempat, seperti dikutip The Guardian.

Geger, Seorang Tentara Amerika Tewas Misterius di Yordania

Salah satu maskapai penerbangan yang terkena dampak peraturan ini adalah Royal Jordanian Airlines. Melalui akun mereka di Facebook, pihak maskapai mengumumkan bahwa peraturan tersebut akan mulai diterapkan pada tanggal 26 Maret 2017 mendatang.

"Pihak berwenang Inggris mengeluarkan aturan yang melarang penumpang dari Bandara Internasional Queen Alia ke London, untuk membawa laptop atau tablet ke kabin pesawat. Untuk itu, RJ mengimbau penumpang untuk mematuhi petunjuk ini agar memudahkan perjalanan mereka," demikian keterangan maskapai.

Tak sampai di situ, pihak maskapai melalui akun resmi mereka di Facebook juga mengunggah poster bertuliskan, "12 Hal yang Bisa Dilakukan Selama 12 Jam Penerbangan, Tanpa Laptop atau Tablet". Unggahan ini cukup menggelitik dan menuai ribuan komentar.

Berikut tipsnya :
1. Membaca buku
2. Nikmati makanan ringan
3. Bertegur sapa dengan penumpang lainnya
4. Meditasi
5. Habiskan satu jam untuk memilih tontonan
6. Mengagumi keajaiban penerbangan
7. Terlibat dalam dialog primitif dari era pra-internet
8. Merebut kembali sandaran tangan
9. Anggap saja meja di kursi pesawat sebagai keyboard
10. Belanja sepuasnya di pesawat
11. Renungkan makna dari kehidupan
12. Pikirkan alasan kenapa Anda tak bisa membawa laptop ke kabin. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya