Empat Tahun Menjabat, Dubes Jepang untuk Indonesia Pamit

Dubes Jepang Yazuaki Tanuzaki saat diwawancara wartawan.
Sumber :
  • Viva.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki akan segera mengakhiri masa jabatannya di Indonesia. Ia mengatakan, selama menjabat, hubungan kedua negara telah mencapai peningkatan signifikan dalam berbagai bidang kerja sama.

Dapat Penghargaan dari Pemerintah Jepang, Akbar Tandjung: Ini Suatu Kehormatan

"Selama menjabat sebagai Duta Besar di Indonesia, saya sangat senang karena hubungan Jepang dengan Indonesia telah mengalami peningkatan. Salah satunya yakni investasi Jepang di Indonesia yang mencapai US$5 miliar," kata Tanizaki di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Senin, 27 Maret 2017.

Jepang merupakan salah satu negara yang terlibat dalam pembangunan pulau-pulau terluar seperti Natuna dan Morotai. Selain itu, Jepang juga terlibat dalam proyek pelabuhan yaitu Patimbang dan kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Jepang Ingin Perkuat Kemitraan RI, Sepakat Stabilisasi Indo-Pasifik

"Hal ini menunjukkan bahwa hubungan bilateral antara Jepang dengan Indonesia tidak hanya semakin membaik, tetapi juga mengalami penguatan," ujarnya.

Terkait dengan people-to-people contact dalam kaitannya yaitu jumlah kunjungan wisatawan, diakui bahwa kunjungan wisatawan dari Indonesia ke Jepang mengalami peningkatan pada tahun ini. Tanizaki mengatakan, tahun lalu angka wisatawan mencapai 200 ribu orang. Namun tahun ini, angka tersebut meningkat cukup besar yakni sebanyak 270 orang.

Ketemu Jokowi, PM Suga Pastikan Jepang Percepat Investasi ke Indonesia

Tanizaki berharap bahwa kunjungan wisatawan kedua negara ini dapat meningkat setiap tahunnya, di mana tahun depan juga akan menjadi peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Mengakhiri masa jabatannya, Tanizaki siang ini berkesempatan bertemu dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Pada kesempatan tersebut, Wapres JK menyampaikan harapan agar hubungan kedua negara meningkat khususnya dalam bidang sumber daya manusia.

Duta Besar Yasuaki Tanizaki menjabat di Indonesia sejak tahun 2014. Ia akan digantikan oleh Masafumi Ishii, yang saat ini masih menunggu pelantikan dari Perdana Menteri Shinzo Abe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya