Pertukaran Turis ASEAN dan Korsel Terus Meningkat

Turis Jepang di Pusat Kota Seoul
Sumber :
  • REUTERS/Lee Jae-Won

VIVA.co.id – Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) telah menjalin kerja sama dan memiliki mitra dialog dengan beberapa negara. Salah satu negara di kawasan Asia yang telah lama menjalin hubungan tersebut yakni Korea Selatan.

Mahathir Dinilai Sulit Perkuat Posisi Malaysia di ASEAN

"Korea Selatan sangat beruntung menjadi dialog partner dengan ASEAN. Pada pencanangan pertama, Korsel adalah salah satu negara berkembang di kawasan Asia yamg bergabung dalam dialog partner tersebut. Ini adalah suatu cerita yang bersejarah," kata Duta Besar Korea Selatan untuk ASEAN, Suh Jeong-in, di Jakarta, Senin 27 Maret 2017.

Perkembangan kerja sama ini pun telah meluas ke berbagai sektor. Dubes Suh mengatakan, bahwa salah satu yang paling menonjol dalam kerja sama ini adalah pertukaran people-to-people dan jumlah kunjungan wisatawan di kedua negara yang meningkat setiap tahunnya.

Bertemu Presiden Korsel, Kim Jong Un Didampingi Wanita

"Tahun 2014 itu tercatat ada sekitar enam juta orang Korea Selatan yang berkunjung ke negara ASEAN. Angka yang sama juga terjadi dalam kunjungan warga ASEAN ke negara kami. Ini terus berkembang dan sangat baik bagi kedua pihak," ujarnya menambahkan.

ASEAN dan Korea Selatan juga bersama-sama bergerak dalam mencapai masa depan kawasan yang lebih baik, terutama dalam permasalahan lingkungan dan perdamaian. Dalam hal ini, kedua pihak intens menjalin pembicaraan dalam kerja sama non tradisional seperti perubahan iklim, penanggulangan bencana, dan cyber security.

Intip Beda Aturan Taksi Online RI dengan Korea Selatan

Selain itu di bidang ekonomi, ASEAN dan Korea Selatan kini tengah mengupayakan peningkatan ASEAN-Korea Free Trade Agreement (AKFTA) yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan bersama. Korsel dan ASEAN juga menargetkan peningkatan jumlah perdagangan menjadi USD 200 miliar pada tahun 2020 mendatang.

"Kami akan terus tingkatkan kerja sama dengan ASEAN karena ini telah menjadi visi bersama dalam kemitraan kami dan untuk memajukan kesejahteraan di kawasan," ujarnya menegaskan. (mus)

Menlu Jepang bertemu Sekjen ASEAN di Jakarta

Menlu Jepang-Sekjen ASEAN Bertemu di Jakarta, Bicara Apa

Isu yang disinggung antara lain LCS dan masalah Korea Utara.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2018