Kanada Segera Legalkan Ganja

Ilustrasi ganja.
Sumber :
  • REUTERS/Steve DiPaola

VIVA.co.id – Pemerintah Kanada segera melegalkan ganja di negaranya. Saat ini, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, tengah menggodok proposal yang mencakup prosedur, pemakaian dan pemakai ganja.

Ditanya Wacana Legalisasi Ganja, Ini Jawaban Kepala BNN

Dilansir melalui laman The Independent, Selasa 28 Maret 2017, produsen akan diberikan lisensi, sedangkan batas usia pembeli ditetapkan minimal 18 tahun. Beberapa provinsi diizinkan untuk menetapkan standar usia minimal lebih tinggi atau di atas 18 tahun.

Warga Kanada yang ingin menanam ganja sendiri juga akan dibatasi. Per rumah tangga, mereka hanya diizinkan tanam empat benih pohon saja.

Soal Legalisasi Ganja untuk Kebutuhan Medis, Ini Kata Pengamat

Tak hanya itu, negara yang terletak paling utara di Amerika Utara ini akan mengontrol harga pemasaran ganja, bersamaan dengan bagaimana tanaman tersebut dibeli dan dijual.

Apabila obat psikotropika ini disahkan, maka Trudeau berhasil memenuhi janjinya selama masa kampanye tahun lalu.

Komisi III-IX DPR Menindaklanjuti Usulan Legaliasi Ganja untuk Medis

Selama kampanye pemilihan umum bulan November 2015, Partai Liberal milik Trudeau terus mempromosikan pelegalan ganja. Pada saat itu, mereka mengatakan akses ganja perlu dilegalkan, diatur dan dibatasi. Tujuannya adalah untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak dan menekan penyalahgunaan ganja.

Sampai nanti pembuatan Undang-undang legalisasi ganja, Trudeau menjelaskan bahwa obat ini akan tetap ilegal. "Sampai kita memiliki kerangka untuk mengontrol dan mengatur ganja, hukum saat ini (legalnya ganja) tetap berlaku," tegasnya.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Kepala BNN Sebut Kriminalitas Meningkat di Negara yang Legalkan Ganja

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Petrus Reinhard Golose mengaku angka kriminalitas di beberapa negara yang melegalkan ganja justru mengalami peningkatan.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2022