Koin Emas Bergambar Ratu Elizabeth Rp53 M Digondol Maling

Ratu Inggris, Elizabeth II.
Sumber :
  • REUTERS/Mary McCartney/Copyright: Her Majesty Queen Elizabeth II/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Sebuah koin emas raksasa bergambar Ratu Elizabeth II raib dicuri dari sebuah museum di Jerman. Koin emas murni ini memiliki nilai sekitar Rp53 miliar. Koin Kanada dengan julukan "Big Maple Leaf" tersebut sebenarnya memiliki nilai nominal US$1 juta atau sekitar Rp13 miliar. Namun karena beratnya mencapai 100 kilogram dan kadar kemurnian emas mencapai 24 karat, nilainya menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan harga emas batangan di pasaran saat ini.

Ratu Elizabeth II Diisukan Meninggal karena COVID-19, Ini Faktanya

Dikutip melalui BBC, Selasa 28 Maret 2017, koin raksasa itu dicuri pada dini hari dari Museum Bode di Berlin, Jerman. Aksi pencurian diyakini terjadi pada Senin, 27 Maret 2017 sekitar pukul 03.30 waktu setempat.

Polisi yang melakukan penyelidikan masih belum mengetahui cara para pencuri hingga mampu melewati sistem alarm di museum. Selain itu, polisi menduga bahwa pelaku tak hanya satu orang, mengingat ukuran diameter koin mencapai 0,5 Meter.

Ratu Elizabeth II Ternyata Penggemar Arsenal

Koin akan terlalu berat apabila dibawa oleh satu orang. Polisi menduga para pencuri masuk melalui jendela museum. Selain itu, aparat polisi juga menemukan sebuah tangga di rel kereta terdekat.

"Berdasarkan informasi yang kami miliki, sejauh ini kami percaya bahwa mungkin para pencuri memecahkan jendela di belakang museum, di sebelah rel kereta api," kata Juru Bicara Polisi setempat, Windrid Wenzel.

Ratu Elizabeth Positif COVID-19 di Usia 95 Tahun, Ini Gejalanya

"Mereka kemudian berhasil memasuki gedung dan pergi ke pameran koin. Koin ini dibingkai dengan kaca tahan peluru di dalam gedung," lanjutnya.

Meski demikian, ia menolak untuk membahas tentang problem staf keamanan maupun masalah pada sistem alarm.

Koin ikonik itu diketahui dicetak oleh Royal Canadian Mint pada tahun 2007. Koin memiliki ketebalan 3 Centimeter dan diameter 53 Centimeter. Di satu sisi terpahat wajah dari Ratu Inggris Elizabeth II sebagai kepala negara Kanada yang merupakan simbol pemerintahan.

Sedangkan sisi lain koin menunjukkan simbol nasional Kanada yakni daun maple. Disebutkan, ruang koin di Museum Bode memajang lebih dari 540.000 objek. Namun laporan media Jerman, hanya koin emas "Big Maple Leaf" yang dicuri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya