Insiden Pesawat Terbakar di Peru, 141 Orang Selamat

Pesawat Peru yang jatuh dan terbakar di Jauja, 28 Maret 2017.
Sumber :
  • ABCnews/Wilson Spinoz

VIVA.co.id – Sebuah pesawat Boeing milik maskapai Peruvian Airlanes terbakar beberapa saat setelah landing di bandara dekat kota Andean, Peru, Selasa 28 Maret 2017 waktu setempat. Beruntung insiden menakutkan ini tak sampai memakan korban jiwa.

Pesawat Angkut WNA Tergelincir di Bandara Morowali Hingga Nyangkut di Semak-semak

Seperti dilansir The Sydney Morning Herald, Rabu 29 Maret 2017, beberapa saksi mata mengatakan bahwa pesawat sempat keluar jalur landasan sebelum akhirnya terbakar dan mengeluarkan asap tebal.

Beruntungnya, para awak dan penumpang berhasil dievakuasi dan dilaporkan tak ada yang mengalami luka serius.

TNI Bantah Panglima Yudo Margono Berada di Pesawat yang Tergelincir di Timika Papua

Peruvian Airlines mengatakan dalam pernyataan resminya, penyebab keluarnya Boeing 737-300 dari landasan masih belum diketahui hingga saat ini dan masih dalam penyelidikan. Pesawat ini sendiri mengangkut sebanyak 141 awak dan penumpang.

Menurut keterangan dari Menteri Dalam Negeri Carlos Basombrio, kebakaran dipicu dari api yang muncul akibat gesekan sayap pesawat dengan jalur landasan.

Pesawat TNI AU Tergelincir di Bandara Mozes Kilangin Timika Papua

"Pesawat tidak dapat berhenti di landasan pacu dan membuat mereka (pilot) melakukan manuver untuk menghentikannya dengan sayapnya. Hal itu yang menyebabkan kebakaran," kata Basombrio.

Airbus A400M Atlas (Foto ilustrasi)

Detik-detik Horor Pesawat Atlas Air Terbakar saat Terbang, Mendarat Darurat di Miami

Insiden itu jadi sorotan karena dalam penerbangannya, Atlas Air Boeing 747-8 tengah membawa lima awak. Namun, lima awak itu selamat seluruhnya.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2024