01-04-1700: Tradisi 'Membodohi Orang' Dipopulerkan

April Mop
Sumber :

VIVA.co.id – Hari ini 317 tahun silam, tradisi lelucon ala orang bodoh atau "April Mop" mulai populer di Inggris. Tradisi ini tersebar luas saat memasuki abad ke-18.

Heboh April Mop, Guus Hiddink Disebut Tangani Timnas Indonesia

Skotlandia contohnya. Mengutip situs History, penanda “berburu orang bodoh” itu dengan cara mengirim pesan ke seseorang untuk melakukan tugas palsu.

Setelah itu, diikuti oleh Tailie Day, yakni menempelkan kertas bertuliskan ejekan di punggung orang sebagai tanda sedang dikerjai. Bahkan, di sana, tradisi tersebut dilaksanakan selama dua hari.

PUBG Ternyata Punya Kembaran

Akan tetapi, tidak semua orang tahu "lahirnya" April Mop, apalagi sampai memastikan asal-usul munculnya tradisi "membodohi orang' ini selama tiga abad lebih.

Sejumlah sejarawan berspekulasi bahwa April Mop berasal dari Prancis yang dimulai pada 1582. Kala itu, Prancis beralih “kiblat” dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang dituliskan dari Dewan Trent pada 1563.

Google Tolak Tradisi Lelucon April Mop

Prancis lalu menetapkan tahun baru tiap 1 April saat memakai kalender Julian. Tapi, ketika beralih ke kalender Gregorian, maka penetapan tahun baru jatuh pada 1 Januari.

Ada pula sejarawan yang mengaitkan April Mop dengan Festival Kuno Hilaria, yakni festival yang dirayakan oleh bangsa Roma tiap akhir Maret dan melibatkan beberapa orang yang menyamar dengan bersolek. (ase)

April Mop

Semua Tertipu, Ini 5 Prank Terbesar Dunia Sepanjang Sejarah

Prank terbesar Dunia, April Mop, yang dulunya adalah waktu untuk mengerjai teman dan musuh, telah berubah menjadi hari bagi perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022