Donald Trump Ancam China

Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat, Donald John Trump, mengancam akan menyerang Korea Utara jika China tidak membantu menekan untuk menghentikan program nuklirnya.

China Bikin Mobil Rp10,5 Miliar, Begini Wujudnya

"Jadi, apabila mereka (China) tidak segera mendesak Korea Utara, maka kami yang akan melakukannya. Itu yang akan saya bilang (ke Xi Jinping, Presiden China)," kata Trump, seperti dikutip situs Straitstimes, Senin, 3 April 2017.

Ancaman itu datang menjelang pertemuan Trump dengan Presiden Xi Jinping di kawasan wisata Mar-a-Lago, Florida. Ketegangan telah meningkat tajam ketika Korea Utara semakin meningkatkan uji coba nuklir dan rudal balistik antarbenua.

Donald Trump Junior Habiskan Duit Rakyat Rp1 Miliar Saat Berburu Domba

Taipan properti asal New York itu mengungkapkan, China memiliki pengaruh besar atas Korea Utara. Dengan demikian, kata dia, alangkah baiknya jika Beijing ikut membantu AS menekan Pyongyang.

"Jika mereka melakukannya, maka itu akan sangat baik bagi China. Dan jika sebaliknya, maka itu tidak akan berdampak baik bagi siapa pun," papar Trump.

Perang Lawan Virus Corona, China Janji Bakal Terbuka dan Transparan

China seperti frustrasi dengan “pembangkangan” Korea Utara atas kegiatan nuklirnya. Negeri Tirai Bambu itu pun mengumumkan penghentian semua impor batu bara sampai akhir tahun ini.

Seperti diketahui, Beijing berusaha untuk menciutkan ketegangan dengan AS melalui kunjungan Xi. Apalagi ketika Trump menghubungi Xi melalui sambungan telepon pada pertengahan Februari lalu, yang antara lain berisi penegasan Trump untuk mendukung Kebijakan Satu China. (one)

Presiden China, Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping Sampaikan Duka Atas Bencana di NTT

Presiden Xi Jinping sampaikan pesan berbelasungkawa untuk korban dari bencana di NTT melalui Presiden Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2021