Menteri Inggris ke Indonesia, Ingin Dorong Perdagangan Bebas

Menteri Perdagangan Internasional Inggris, Liam Fox.
Sumber :
  • REUTERS/Suzanne Plunkett

VIVA.co.id – Kunjungan Menteri Perdagangan Internasional Inggris, Liam Fox, ke Indonesia pada Rabu, 5 April 2017, menunjukkan komitmen untuk memperkuat hubungan perdagangan kedua negara.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

“Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan dinamis dan tetap menjadi mitra dagang utama Inggris di Asia Tenggara. Kunjungan pertama saya ini memberikan kesempatan untuk mendorong perdagangan bebas kedua negara," kata Fox, melalui keterangan tertulisnya, hari ini.

Setelah Inggris lepas dari Uni Eropa (Brexit), Fox mengaku akan membuka seluas-luasnya kerja sama ekonomi dan bisnis dengan negara di dunia, khususnya Indonesia.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Kunjungan Fox ini juga bertujuan memberikan informasi terkini tentang Brexit menyusul diaktifkannya Artikel 50. Artinya, Inggris tidak dapat kembali lagi menjadi 'keluarga besar' Uni Eropa.

Prosesnya pun tidak bisa dibatalkan atau diabaikan tanpa ada kesepakatan bulat dari negara-negara Uni Eropa. Selama berada di Indonesia, Fox dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong.

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Tak hanya itu, Fox akan mengunjungi proyek LRT (Light Rail Transit) untuk menyoroti dukungan perusahaan Inggris, ES Global Ltd., untuk pesta olahraga akbar empat tahunan Asian Games 2018. Sukses menyelenggarakan Olimpiade London 2012, Inggris antusias ingin berbagi pengalaman kepada Indonesia, yang tahun depan jadi tuan rumah Pesta Olahraga Terbesar se-Asia itu. (ren)

Tim taekwondo putra Indonesia

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Mantan Ketua Harian Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Zulkifli Tanjung melempar kritik untuk pelaksanaan Musyawarah Nasional PBTI. Dia berbicara karena gerah.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2023