Situasi Keamanan RI Terpengaruh Konflik di Timur Tengah

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian menilai, masalah keamanan yang terjadi di dunia saat ini, termasuk di Indonesia, merupakan dampak dari ketidakstabilan dan permasalahan yang terjadi di Timur Tengah. Problem ini membuat konflik yang ada terus menguat.

Harga Emas Hari Ini 23 April 2024: Produk Antam Amblas, Global Bervariasi

"Semua harus membuat tempat itu (Timur Tengah) damai. Tapi, kalau masalah di dunia Islam terus terjadi, maka tempat lain akan menjadi tumpahan permasalahan. Apa yang terjadi di Indonesia berimbas dari situ," kata Tito di Jakarta, Sabtu 8 April 2017. 

Tito menjelaskan, konflik yang melibatkan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dan para pemberontak di Suriah akan terus terjadi karena banyak orang berpikir peradaban Islam saat ini sedang ditekan oleh Barat. 

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Dalam hal ini, pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad mendapat dukungan dari Rusia, sedangkan kelompok pemberontak didukung oleh Amerika Serikat. 

Selain itu, pertarungan hegemoni dan kekuasaan oleh negara tertentu untuk memengaruhi dunia pada akhirnya berdampak pada negara lainnya. Kondisi ini, kata Tito, akan berlanjut dan mewarnai tarik menarik kekuatan demokrasi, komunisme ideologi, dan keagamaan. 

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Tito mengatakan, sejak runtuhnya Uni Soviet dan menandai kalahnya komunisme blok timur, maka blok barat berubah menjadi multipolar. Namun, ia menilai, justru blok tersebut berubah menjadi unipolar karena mendominasi dan mendorong terjadinya liberalisme di mana-mana. 

"Dengan adanya demokrasi liberal yang di-impose (desak) Barat untuk kepentingan politik ini lah yang membuat situasi seperti sekarang ini terjadi. Nilai keagamaan dan konflik terus mencuat, memengaruhi dunia yang lain," katanya.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyatakan, perekonomian Indonesia masih kuat di tengah meningkatnya ketidakpastian global.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024