TUTUP
TUTUP
DUNIA

Wapres AS Kunjungi Pangkalan Militer Korea

Pence sebut kunjungan ini sebagai ikatan tak tergoyahkan.
Wapres AS Kunjungi Pangkalan Militer Korea
Pasukan Korea Selatan berjaga di area perbatasan dua Korea (REUTERS/Kim Hong-Ji)

VIVA.co.id – Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence, mengunjungi pangkalan militer yang berlokasi di dekat perbatasan Korea Selatan dan Utara.

Pangkalan itu berada di dekat zona demiliterisasi (DMZ) dan dihuni oleh 28.500 personel AS. Kunjungan ini bagian dari rangkaian lawatan Pence ke Korea Selatan.

Ia menekankan komitmennya untuk mendukung pemerintah Korea Selatan. Pence, yang ayahnya turut bertugas selama Perang Korea 1950-1953, mengatakan sangat terhormat untuk berada di DMZ dan memuji aliansi AS dan Korea Selatan.

"Ini merupakan bukti ikatan tak tergoyahkan antara Amerika dan Korea Selatan," kata Pence, seperti dilansir Reuters, Senin 17 April 2017.

Zona Demiliterisasi (DMZ) merupakan sebuah wilayah seluas empat kilometer (2,5 mil) yang dikelilingi dengan kawat berduri dan ranjau darat di sekitar Semenanjung Korea.

Kawasan ini dijaga sangat ketat oleh tentara dari Korea Utara dan Selatan yang dibantu AS. Selain itu, Pence dijadwalkan bertemu pejabat Presiden Korea Selatan, Hwang Kyo-ahn, untuk membicarakan program senjata Utara serta sistem pertahanan rudal AS, THAAD, yang kontroversial.

Menanggapi kunjungan Pence, Pyongyang memperingatkan bahwa mereka akan membalas, dan menyebut AS mengarahkan situasi ke ambang perang terbuka.

Departemen Keuangan AS baru-baru ini menjatuhkan sanksi terhadap 11 perwakilan bisnis dan sebuah perusahaan Korea Utara. Adapun pemerintah Presiden AS Donald Trump lebih fokus dengan strateginya untuk memberlakukan sanksi ekonomi yang lebih keras terhadap Pyongyang.

Beberapa tindakan tersebut antara lain embargo minyak, pelarangan penerbangan bagi maskapai Air Koryo, mencegat kapal dagang, dan memberi sanksi kepada perbankan China yang melakukan bisnis dengan Pyongyang. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP