20-04-1978: Jet Tempur Soviet Paksa Maskapai Korea Mendarat

Maskapai penerbangan Korean Airlines.
Sumber :
  • Reuters/Pascal Rossignol

VIVA.co.id – Hari ini 39 tahun silam, jet tempur Uni Soviet memaksa mendaratkan maskapai penerbangan Korean Airlines setelah pesawat penumpang itu membelok arah ke wilayah udara negeri Tirai Besi.

8 Fakta Menarik Ukraina yang Menjadi Negara Terluas di Eropa

Mengutip situs History, insiden ini menewaskan dua orang dan beberapa lainnya luka-luka ketika Korean Airlines melakukan pendaratan secara "kasar" di sebuah danau beku sekitar 300 mil selatan dari Murmansk, Soviet.

Pesawat komersial asal negeri Ginseng itu sedang dalam penerbangan mereka dari Paris, Prancis ke Seoul, Korea Selatan.

Bagaimana Penindasan Soviet Memupuk Benci Rakyat Ukraina pada Rusia

Pejabat militer Soviet mengklaim pesawat yang biasanya terbang di atas daerah Kutub Utara untuk mencapai ibu kota Korea Selatan itu tiba-tiba berbelok tajam ke wilayah udaranya.

Jet tempur Soviet kemudian mencegat dan memerintahkan mereka mendarat. Namun, beberapa waktu kemudian, Moskow memperbolehkan pesawat sipil Amerika Serikat menjemput mereka yang selamat.

10 Fakta Mengejutkan Turkmenistan, Negara Islam yang Diktator!

Para pejabat AS bingung soal apa yang salah dengan penerbangan pesawat berkode KAL ini. Sementara pejabat Soviet juga tidak membantu dalam menyelesaikan masalah.

Korea Selatan menyatakan, kesalahan navigasi pesawat yang menyebabkan seluruh insiden tersebut. Kendati demikian, para pakar penerbangan meragukan bahwa pesawat secanggih milik KAL bermasalah pada bagian navigasi. (ase)

Seorang lelaki tua memegang bendera Uni Soviet. Getty Images via BBC Indonesia

Membandingkan Kehidupan di Uni Soviet dan Rusia Pada Masa Perang

Setelah invasi pasukan Rusia ke Ukraina, kehidupan warga Rusia mulai berubah cepat. Perbatasan ditutup, nilai rubel terus turun dan harga barang-barang mulai naik.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2022